• Senin, 8 Agustus 2022

Tanggap Bencana, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp 7 M

- Rabu, 25 November 2020 | 19:52 WIB
Tanggap Bencana, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp 7 M
Tanggap Bencana, Pemkot Blitar Siapkan Dana Rp 7 M


Blitar, koranmemo.com - Pemkot Blitar tak setengah-setengah dalam menangani bencana alam. Sebagai bentuk antisipasi, tahun 2021 mengalokasikan dana sedikitnya Rp 7 miliar guna penanganan bencana alam.


Hal itu diungkapkan Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar Widodo Sapto Johannes. Menurutnya dana sebesar Rp 7 miliar itu selain penanganan bencana juga diperuntukkan u
dampak sosial bencana.


Bahkan juga diproyeksikan untuk santunan kematian warga terdampak bencana. "Sebagai antisipasi saja. Dana ini diambilkan dari APBD 2021 khusus untuk bencana dan penanganan dampaknya," katanya.


Dijelaskannya, sesuai dengan perencanaan dana itu ditempatkan dalam anggaran tak terduga. Dan dana tak terduga untuk bencana sebenarnya ada. Hanya saja tahun ini jumlahnya mencapai Rp 7 miliar. "Setiap tahun ada, hanya saja ini kami alokasikan hingga Rp 7 miliar," tambahnya.


Ditambahkan, sebagai antisipasi, juga disiapkan dana untuk pengadaan sarana dan prasarana penanganan bencana alam. "Kalau penanganan bencana dan sarananya guna mendukung fungsi di instansi terkait. Yakni di Bakesbangpol dan PBD," katanya.


Sementara itu berdasarkan pemetaan bencana, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Penanggulangan Bencana Daerah ada beberapa kelurahan yang rawan bencana alam. Seperti bencana longsor, banjir hingga puting beliung. Di antaranya Kelurahan Ngadirejo, Bendo, Pakunden, Sukorejo, Sentul, Kepanjeor hingga Kauman. Untuk wilayah Ngadirejo, Bendo, Sentul, Kepanjenlor hingga Kauman ini merupakan daerah yang dilewati sungai.


Bahkan Kepanjenlor hingga Kauman dilewati sungai Kalilahar yang notabene berasal dari aliran sungai di Gunung Kelud. Wilayah Ngadirejo berbatasan dengan Kabupaten Blitar.


Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ditinggal Pulang, Toko di Kabupaten Blitar Terbakar

Minggu, 7 Agustus 2022 | 17:00 WIB

560 CJH Sisa Tahun 2020, Prioritas Berangkat 2023

Minggu, 7 Agustus 2022 | 12:46 WIB

Ribuan Nakes di Kota Blitar Disuntik Booster Kedua

Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:14 WIB

Hari Jadi ke-698 Blitar Dimeriahkan Festival Pecel

Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:54 WIB

Gara-gara Temuan Ini, Warga Talun Geger

Kamis, 4 Agustus 2022 | 10:15 WIB
X