• Selasa, 26 Oktober 2021

Nikah Siri Sudah Bisa Masuk KK, Dukcapil Ponorogo: Belum Ada Permohonan

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 15:51 WIB
Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Ponorogo. (Sony/Memo)
Suasana pengurusan dokumen kependudukan di Dispendukcapil Ponorogo. (Sony/Memo)

Ponorogo, koranmemo.com - Meski sudah mendapatkan lampu hijau dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tentang pasangan nikah siri bisa dicatatkan dalam kartu keluarga (KK), namun hingga kini Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Ponorogo belum menerima permohonan tersebut.

"Untuk Ponorogo, sampai saat ini belum ada permohonan untuk dicatat sebagai istri siri," ujar Kabid Administrasi Dispendukcapil Ponorogo Heru Purwanto, Rabu (13/10/2021).

Heru menjelaskan, perbedaannya terletak pada kolom keterangan, jika nikah siri di KK akan ditulis dengan keterangan kawin belum tercatat.

"Itu terjadi jika pemohon tidak bisa menunjuk bukti pernikahan sah secara negara. Tapi juga tetap harus melampirkan bukti sudah nikah siri," imbuhnya.

Sedangkan untuk khasus poligami, pihaknya menyebut bahwa pemohon juga bisa langsung memasukkan nama nama istrinya sekaligus dalam satu KK, baik yang sah di mata negara ataupun hanya sah secara agama atau nikah siri.

"Istri Siri juga bisa dibuatkan KK sendiri dengan kepala keluarga istri siri tersebut, prinsipnya satu nama satu KK," jelas Heru.

Lebih lanjut, kebijakan tersebut sebenarnya sudah ada sejak dulu namun baru diimplementasikan tahun 2019. Hal ini dimaksudkan agar setiap warga negara tercatat dalam data kependudukan.

Selain itu agar mempermudah mengurus akta kelahiran si anak nantinya. "Kalau di KTP statusnya cuma ditulis Kawin, tanpa ada penambahan frasa seperti di KK," pungkas Heru.

Reporter : Sony Dwi Prasetyo
Edito : Muji Hartono

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Gadis di Ponorogo Tercebur Sumur, Ini Kronologinya

Senin, 25 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Sepekan Terakhir 190 Warga Langgar Prokes Di Ponorogo

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 10:26 WIB

Tanah Amblas, Dua Rumah Warga Ponorogo Terancam Roboh

Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:47 WIB
X