• Rabu, 8 Desember 2021

Ini Harapan DLH Lamongan dengan Peluncuran Onlimo dan Sipola

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 18:08 WIB
Pemkab Lamongan (Istimewa)
Pemkab Lamongan (Istimewa)

Lamongan, koranmemo.com - Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi meluncurkan melaunching Onlimo dan aplikasi Smart Identification Pohon Lamongan (Sipola).

Peluncucran program sebagai upaya menjaga keanekaragaman hayati tersebut berlangsung di Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang ditujukan sebagai upaya untuk menjaga keanekaragaman Hayati.

Kepala DLH Lamongan, Anang Taufik, menyampaikan bahwa Onlimo merupakan sistem yang mampu menyajikan data kualitas air secara terus menerus selama 24 jam.

"Onlimo terdiri dari Unit Sensor otomatis yang dilengkapi alat pembersih sensor mampu menganalisa 11 parameter kualitas air, data logger dan telemetri system untuk menyimpan data dan sensor, Sumber energy berupa panel surya, dan pusat data yang terdiri dari PC dan smart TV," terangnya, Jumat (15/10).

“Alatnya (Sipola) sudah dipasang di Bengawan Solo,  dan secara online terkoneksi ke KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), sehingga mereka bisa tahu kondisi air di Bengawan Solo secara real time,” imbuhnya.

Menurut Anang, DLH aplikasi Sipola juga berfungsi untuk mengidentifikasi jenis, manfaat, dan jumlah pohon didukung dengan sistem penamaan pohon dengan barcode.

"Sebenarnya, tujuan penggunaan aplikasi (Sipola) itu untuk memudahkan identifikasi jenis dan jumlah tanaman yang ada di Kabupaten Lamongan. Sementara ini Sipola baru dipasang di Alun–alun Lamongan, kedepannya akan dikembangkan di taman kota lainnya," terangnya.

Anang juga mengungkapkan, DLH juga memasang informasi kualitas udara ambien di 16 titik. Salah satunya di Alun-alun Lamongan sebagai titik uji untuk mengetahui kualitas udara di Kabupaten Lamongan.

Repoter : Nanda Setiyawan
Editor : Irwan Maftuhin

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

PN Lamongan segera Terapkan e-Bima

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:47 WIB

Gandeng Unisla, Ini Sasaran Vaksinasi Polres Lamongan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

DPMD Lamongan Keluhkan E-Dabu

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Seribu Lebih Warga Sekaran Cairkan BPUM

Kamis, 23 September 2021 | 23:23 WIB
X