• Senin, 29 November 2021

Diizinkan Buka Kembali, Tempat Wisata di Kota Blitar Masih Sepi

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 19:03 WIB
MULAI BUKA: Tempat wisata Fish Garden di Jalan Bengawan Solo yang sudah beroperasi lagi setelah sempat tutup sementara akibat situasi pandemi Covid-19.
MULAI BUKA: Tempat wisata Fish Garden di Jalan Bengawan Solo yang sudah beroperasi lagi setelah sempat tutup sementara akibat situasi pandemi Covid-19.

Blitar, koranmemo.com - Para pengelola tempat wisata di Kota Blitar menyambut positif penerapan kebijakan kenormalan baru atau new normal.

Mereka seakan mendapat angin segar setelah menelan pahit kondisi akibat pandemi Covid-19 dan penerapan PPKM sehingga terpaksa menutup sementara tempat usaha mereka.

Meski situasi panemi sudah landai, namun mereka masih diwajibkan memberlakukan protokol kesehatan secara ketat ketika berada di lokasi tempat wisata.

Sayarat itu wajib dipatuhi oleh pengelola tempat wisata untuk menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

Kegembiraan itu salah satunya diungkapkan oleh Andriawan Prasetyo, pengelola tempat wisata Fish Garden di Jalan Bengawan Solo.

"Sudah  beroperasi tetapi wisatawan masih sedikit. Tetapi kami bersyukur karena kondisi pandemi di Kota Blitar sudah masuk tahap new normal," kata Andri, Jumat (15/10).

Menurutnya, sejak diperbolehkan buka kembali sejak awal Oktober lalu, jumlah pengunjung di tempat wisata yang ia kelola masih kisaran puluhan orang saja, meskipun ada peningkatan pada akhir pekan.

Tetap saja kondisi saat ini masih jauh dibandingkan sebelumnya. "Rata-rata seminggu sekitar 150-an wisatawan. Ya memang masih sepi, tetapi minimal sudah ada yang berwisata," katanya.

Andri mengaku menerapkan aturan ketat sebagaimana ketentuan dalam protokol kesehatan (prokes). Termasuk pemabtasan kapasitas pengunjung hanya 60 orang dan memberlakukan sistem bergelombang.

Setiap gelombang masuk, ia hanya mengizinkan 60 orang saja yang berada di dalam kawasan wisata, begitupun gelombang berikutnya.

"Itu salah satu perbedaannya. Kalau dulu tidak ada pembatasan tetapi karena saat ini masih pandemi harus ada pembatasan," katanya.

Selain itu, ia juga telah mamasang QR code aplikasi peduli lindungi dan seluruh pengunjung wajib melakukan scan melalui aplikasi pada ponsel mereka.

"Selain itu wajib  menerapkan protokol  kesehatan Covid-19 secara ketat," katanya.

Untuk diketahui tempat wisata Fish Garden menawarkan sensasi wisata ikan tawar, dari ukuran kecil hingga besar.

Selain Fish Garden, sejumlah tempat wisata di Kota Blitar juga mulai buka kembali seperti Wisata Belimbing di Kelurahan Karangsari, kolam renang Sumberudel di Jalan Kalibrantas dan lain sebagainya.

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi

Editor : Irwan Maftuhin

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X