• Senin, 29 November 2021

Atasi Banjir Langganan Musim Hujan, Digelontor Rp 1,3 M

- Senin, 18 Oktober 2021 | 18:09 WIB
Solusi atasi bajir, Jalan Anggrek di Kota Blitar  kini ditata salurannya. (aziz /memo)
Solusi atasi bajir, Jalan Anggrek di Kota Blitar kini ditata salurannya. (aziz /memo)

Blitar, koranmemo.com - Banjir yang kerap menggenangi Jalan Mastrip dan Anggrek mulai disikapi Pemkot Blitar. Agar kejadian tak terulang pada musim hujan akhir tahun ini, akhirnya dibangun saluran irigasi.

Tak tanggung-tanggung Pemkot Blitar melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Kota Blitar mulai menata saluran irigasi dan selokan di sepanjang Jalan Mastrip dan Anggrek. Dana yang digelontor sebesar Rp 1,3 miliar.

"Hampir setiap musim hujan Jalan Mastrip dan Anggrek ini banjir. Penyebabnya air melimpah sementara selokannya juga sempit. Akhirnya kami tata lagi," kata Sekretaris DPUPR Kota Blitar Dindin Alinurdin, Senin (18/10).

Dia mengatakan saat ini pengerjaan sudah dilakukan. Yakni diawali dengan membongkar selokan sisi utara yang kurang lebar. Nantinya ada penataan. Mulai pelebaran hingga membuat aliran baru. Sehingga ketika ada luberan air hujan dalam jumlah yang banyak bisa langsung mengalir dan tak banjir lagi.

"Iya dipecah alirannya. Ada yang mengalir ke timur ada pula yang ke selatan dan barat. Sehingga tidak banjir lagi," katanya. Sebelum digarap atau ditata ketika hujan airnya mengalir ke selatan dan timur saja.

Dia menambahkan untuk pengerjaan sudah dimulai pada September lalu. Dan diharapkan pada Desember sudah kelar. Sehingga pada Januari atau Februari 2022 yang masuk puncak musim hujan, lokasi tak banjir lagi.

Di satu sisi karena penataan memakan ruang yang banyak, diputuskan untuk menutup sementara jalur utara. Selama ini Jalan Mastrip ada dua jalur. Nah karena ada penataan irigasi, jalur utara ditutup dan hanya jalur selatan saja yang bisa dilewati pengendara.

"Iya terpaksa ditutup, tetapi hanya satu bulan saja. Utamanya di sisi barat yang merupakan jalur utama garapan selokan," katanya.

Dindin menambahkan dana sebesar Rp 1,3 miliar itu  untuk pengerjaan dua lokasi. Yakni Jalan Mastrip dananya sebesar Rp 600 juta dan Jalan Anggrek sebesar Rp 700 juta. Selain di dua jalan itu, Jalan Kacapiring di kompleks Pasar Templek juga bakal ditata selokannya.

Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X