• Rabu, 8 Desember 2021

PN Lamongan segera Terapkan e-Bima

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:47 WIB
Ketua PN Lamongan saat mengikuti sosialisasi e-Bima secara virtual.  (Istimewa)
Ketua PN Lamongan saat mengikuti sosialisasi e-Bima secara virtual. (Istimewa)
Lamongan, koranmemo - Electronic Budgeting Implementation, Monitoring, and Accountability (e-Bima) yang dirilis oleh Mahkamah Agung (MA) beberapa waktu lalu akan segera diterapkan Pengadilan Negeri (PN) Lamongan.

Ketua PN Lamongan Raden Ari Muladi melalui Humas Agusty Hadi Widarto, menyampaikan, e-Bima bertujuan untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel.

"Intinya kami mengikuti instruksi pusat. PN Lamongan saat ini masih proses untuk menerapkan e-Bima, karena baru diluncurkan kemarin," kata Agusty, Selasa (19/10/2021)

Agusty menjelaskan, e-Bima sendiri merupakan sarana bantu pengawasan pengelolaan keuangan. 

Dikatakan, dengan jumlah satuan kerja (satker) yang cukup banyak, yakni kurang lebih 911 dan terdiri dari 1728 entitas laporan, sehingga perlu dibuatkan sistem yang baik agar memudahkan kontroling.

"Awalnya memang diperuntukkan hanya untuk intern biro keuangan MA, namun pada perkembangannya, satker juga bisa memanfaatkan aplikasi ini dalam memonitoring transaksi, realisasi, dan pelaksanaan anggaran, secara mandiri dan real time," papar Agusty.

Selain meningkatkan dan memudahkan proses pengawasan pada satuan kerja, lanjut Agusty, e-Bima juga digunakan untuk menimbulkan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan.

Dengan hadirnya aplikasi ini diharapkan akan mampu mendorong peningkatan kepercayaan publik kepada MA dan badan peradilan atau satker di bawahnya.

"Aplikasi ini dari pusat untuk satker-satker di bawahnya, khusus untuk pengelolaan keuangan. Di samping nanti ada pengawasan internal pusat (MA). Semuanya akan berbasis teknologi, Harapannya supaya kita lebih terbuka," tukas Agusty.

Reporter : Nanda Setiyawan

Editor     : Muji Hartono

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

PN Lamongan segera Terapkan e-Bima

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:47 WIB

Gandeng Unisla, Ini Sasaran Vaksinasi Polres Lamongan

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 11:14 WIB

DPMD Lamongan Keluhkan E-Dabu

Jumat, 24 September 2021 | 01:00 WIB

Seribu Lebih Warga Sekaran Cairkan BPUM

Kamis, 23 September 2021 | 23:23 WIB
X