• Senin, 29 November 2021

New Normal, Satgas Covid-19 Kota Blitar Gencar Penegakan Prokes

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 10:21 WIB
Tim gabungan Satgas Covid-19 Kota Blitar saat operasi penegakan prokes di salah satu kafe. (Istimewa)
Tim gabungan Satgas Covid-19 Kota Blitar saat operasi penegakan prokes di salah satu kafe. (Istimewa)
Blitar, koranmemo.com - Uji coba penerapan new normal di Kota Blitar sudah berlangsung dua minggu. Kesadaran mematuhi protokol kesehatan (prokes) tetap menjadi atensi. 
 
Wali Kota Blitar Santoso mengatakan berdasarkan hasil evaluasi penerapan tatanan anyar itu,  ada beberapa warga yang masih teledor. Dia mencontohkan seperti menganggap new normal tak perlu memakai masker atau jaga jarak. Hal itu dianggapan keliru.
 
"Iya, ada yang menganggap demikian. Padahal itu adalah salah. New normal prokes tetap jalan, aktivitasnya saja yang normal. Hanya saja harus diatur dan harus prokes," kata Santoso, Minggu (20/10). 
 
Dia menjelaskan anggapan itu harus diluruskan. Pasalnya dikhawatirkan bakal mempengaruhi dan berakibat negatif bagi Kota Blitar. Padahal, Kota Blitar menjadi menjadi percontohan new normal. Maka dari itu, karakter warga Kota Blitar yang patuh dengan aturan harus dipertahankan.
 
"Mudah-mudahan bisa dipertahankan. Kota Blitar bisa  meraih prestasi menjadi daerah uji coba new normal juga berkat patuhnya aturan prokes," katanya. 

Sementara itu di saat Pemkot Blitar gencar mempertahankan kesadaran prokes ke warga, Satgas Covid-19 Kota Blitar semakin gencar menggelar operasi yustisi.
 
Operasi yustisi dilakukan sebagai bentuk antisipasi jangan sampai ada lonjakan kasus Covid-19. Operasi yustisi sendiri menyasar kafe, restoran dan tempat fasilitas umum  atau fasum yang kerap dijadikan nongkrong warga.
 
Seperti tempat wisata Kebonrojo, Alun-Alun Kota Blitar dan tempat wisata lain yang menjadi ikon. Seperti Makam Bung Karno hingga Perpustakaan Bung Karno.
 
"Operasi penegakan prokes tetap jalan. Bahkan di tempat wisata ada satgas khusus yang bertugas memberikan pengarahan soal prokes," katanya. 
 
Santoso juga berharap agar Satgas Covid-19 juga gencar menyasar ke tempat wisata. Satgas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP tak segan menegur wisatawan yang abai prokes. "Utamanya di Makam Bung Karno. Karena MBK pengunjungnya mayoritas dari luar kota," pungkasnya. 
 
Reporter Abdul Aziz Wahyudi
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X