• Senin, 29 November 2021

Sebanyak 21 RT di Kota Blitar Bakal Terima Rp 50 Juta, Ini Penjelasannya

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:40 WIB
Wali Kota Blitar, Santoso. (Aziz/memo)
Wali Kota Blitar, Santoso. (Aziz/memo)

Blitar, koranmemo.com - Pasangan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Blitar Santoso - Tjutjuk Sunario akhirnya mewujudkan janjinya soal program Rp 50 juta untuk setiap RT. Sebagai langkah awal, 21 RT bakal menjadi percontohan dalam program tersebut.

Wali Kota Blitar, Santoso mengungkapkan, butuh proses yang panjang untuk merealisasikan program tersebut. Termasuk menyusun petunjuk pelaksanaan dan teknisnya.

"Iya memang akan direalisasikan pada akhir tahun ini. Hanya saja tidak semua RT, hanya 21  RT yang akan mendapatkan program. Istilahnya jadi pilot project," kata Santoso, Minggu (20/10).

Santoso menjelaskan, penentuan 21 RT di 21 kelurahan yang akan menjadi percontohan itu juga sudah melalui proses dan pertimbangan matang. Termasuk pemetaan dan kesiapan penerima karena dana yang dikucurkan harus dipertanggungjawabkan.

Pemkot Blitar akan mengawal langsung penggunaan dana termasuk pertanggungjawabannya. "Harus ada pertanggungjawabannya. Maka dari itu selama penggunaan nantinya juga ada semacam pendampingan dari tim," kata Santoso.

Ia menegaskan, jika program tersebut dapat berjalan sesuai dengan perencanaan, akan disusul dengan RT lain yang sudah siap menerima.

Setelah melalui kajian, total dana yang disediakan bagi 21 RT percontohan itu sekitar Rp 1.050 miliar. "Tahun ini Rp 1.050 miliar. Kalau tahun depan dananya keseluruhan untuk RT di 21 kelurahan sekitar Rp 32 miliar," kata mantan sekretaris daerah Kota Blitar ini.

Untuk penggunaan dana, kata Santoso pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada RT. Hanya saja program diharapkan yang bisa mendongkrak pembangunan. Selain alokasi fisik, dana juga bisa digunakan untuk kegiatan non fisik, seperti pemberdayaan.

"Nanti yang mengawal dana banyak. Mulai kecamatan, kelurahan hingga RT. Warga juga  bisa proaktif mengawal penggunaan," pungkasnya.

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X