• Senin, 29 November 2021

Anak di Bawah 12 Tahun Diizinkan Naik Kereta Api

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 18:41 WIB
MASIH SEPI: Suasana Stasiun Kereta Api di Blitar. (aziz/memo)
MASIH SEPI: Suasana Stasiun Kereta Api di Blitar. (aziz/memo)

Blitar, koranmemo.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero akhirnya mengizinkan anak berusia di bawah 12 tahun untuk naik kereta api (KA). Keputusan itu disambut baik, meski ada ketentuan atau persyaratan khusus yang harus ditaati.

"Ya senang. Karena ketika kami hendak wisata ke Jogjakarta terus naik kereta, bisa membawa anak serta. Sebelumnya kami seakan nelangsa. Lha gimana wisata tidak bisa membawa anak," kata Faizudin, penumpang KA asal Plosokerep, Kecamatan Sananwetan, Jumat (22/10).

Dia menambahkan, sempat memilih jasa angkutan umum bus atau travel, ketika ada larangan anak naik kereta api.

Kabar tersebut sudah tentu membuatnya sangat gembira dan langsung berencana melakukan liburan ke Jogja bersama keluarga.

"Tidak apa-apa kalau disuruh tes Covid-19. Yang penting bisa naik kereta api bersama keluarga. Karena Jogja kan wisatanya sudah mulai buka," katanya.

Kepala Stasiun Blitar Suyoto mengakui tingginya permintaan tiket KA untuk anak. Namun ia tidak dapat berbuat banyak lantaran ada aturan yang melarang.

Menurutnya kebijakan pelonggaran itu akan meningkatkan jumlah penumpang. "Selama ini hanya kalangan dewasa dan remaja. Kalau untuk anak-anak kan tidak  boleh," katanya.

Berdasarkan SE dari Kementerian Perhubungan nomor 89 tahun 2021, anakn di bawah usia 12 tahun bisa melakukan perjalanan menggunakan jasa transportasi kereta api.

“Meski kembali diperbolehkan, anak di bawah 12 tahun tetap harus memenuhi persyaratan seperti hasil negatif pemeriksaan Covid-19 bagi pelanggan KA jarak jauh,” ujar Manager Humas Daop 7, Ixfan Hendriwintoko melansir pernyataan VP Public Relations PT KAI, Joni Martinus.

Reporter : Abdul Aziz Wahyudi
Editor : Irwan Maftuhin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X