• Senin, 29 November 2021

Peringati Hari Santri, Ratusan Santri di Kediri Pawai Sepeda Hias

- Minggu, 24 Oktober 2021 | 18:06 WIB
 Santri Pondok Pesantren Roudlotul Ibaad saat mengikuti pawai sepeda hias dalam rangka Hari Santri Nasional  (rizky/memo)
Santri Pondok Pesantren Roudlotul Ibaad saat mengikuti pawai sepeda hias dalam rangka Hari Santri Nasional (rizky/memo)

Kediri, koranmemo.com - Ratusan santri dan santriwati dari Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Ibaad Dusun Templek, Desa Ngino, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri mengikuti pawai sepeda hias dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat, Minggu (24/10) siang. Pawai ini dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021.

Pawai yang menempuh jarak sekitar tiga  kilometer, lewat desa-desa dengan kondisi cuaca panas, tidak menyurutkan semangat para santri dan santriwati yang jumlahnya mencapai 150 anak.

Tampak hadir orang tua santri yang membonceng anaknya dengan sepeda onthel. Ada pula santri yang memakai becak gowes penuh hiasan. 

Sebelum berangkat, mereka membaca doa dan sholawat yang dipandu langsung oleh pengasuh pondok pesantren dan panitia. 

Basori Alwi, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Ibaad, mengatakan, peringatan hari santri dengan pawai sepeda hias tujuannya hanya untuk mengenang para santri zaman dahulu karena ketika mengaji maupun mencari ilmu agama, mereka naik sepeda onthel walaupun jarak tempuh jauh. 

"Memang beliau dahulu adalah seorang pejuang, karena kemanapun pergi selalu pakai sepeda onthel. Jadi kami mengingat masa lalu beliau," jelasnya. 

Sementara pembuatan hiasan, para santri membiayainya sendiri. "Alasannya, kalau tidak ada hiasan, ngontelnya kurang semangat. Tetapi, tujuannya utama tetap mengingat perjuangan santri dahulu," imbuhnya. 

 

Reporter: Rizky Rusdiyanto

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Bupati Kediri: Kekurangan SDM Jangan Jadikan Alasan...

Jumat, 26 November 2021 | 11:10 WIB

Peringati Hari Guru, Ini Harapan Guru SLB C Pare

Kamis, 25 November 2021 | 18:41 WIB

Percepatan Vaksinasi Siswa SMP Negeri 1 Gampengrejo

Kamis, 25 November 2021 | 13:46 WIB
X