• Senin, 29 November 2021

Tingkatkan Kualitas Relawan, PMI Nganjuk Siapkan Diksar KSR

- Senin, 25 Oktober 2021 | 14:40 WIB
Gedung PMI Kabupaten Nganjuk. (inna/memo)
Gedung PMI Kabupaten Nganjuk. (inna/memo)

Nganjuk, koranmemo.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk sedang mempersiapkan gelar pendidikan dan pelatihan dasar (diksar) Korps Sukarela Relawan (KSR), untuk meningkatkan kualitas relawan. Ini disampaikan  Ketua Dewan Kehormatan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin. Kata Yasin pelatihan dasar merupakan salah satu upaya mempersiapkan relawan PMI agar semakin berkualitas dalam menjalankan misi kemanusiaan.

"Sukarelawan butuh  peningkatan kapasitas dan skill,” kata Yasin, Senin (25/10).

Diksar tersebut, kata Yasin, merupakan salah satu wadah yang digunakan guna meningkatkan kualitas relawan. Sebelum nantinya betul-betul terjun dalam kegiatan kemanusiaan.

Keikutsertaan para KSR tersebut mendapat apresiasi dari PMI. Terlebih, para KSR juga terlihat antusias mengikuti kegiatan Diksar.

"Semoga seluruh peserta diksar ini kedepannya lebih berkompeten dan dapat menjadi ujung tombak PMI Kabupaten Nganjuk," ujar Yasin.

Sementara, Pengurus PMI Kabupaten Nganjuk bidang Pendidikan dan Pelatihan, Ida Shobihatin mengatakan, diksar KSR kali ini diikuti sebanyak 30 peserta. Mereka berasal dari KSR Unit Markas PMI Kabupaten Nganjuk, KSR Unit STIKes Satria Bhakti, dan KSR Unit STT Pomosda.

Kegiatan diksar KSR ini mengacu pada standar kurikulum dalam manajemen relawan, yakni 120 jam pelajaran. Namun pelaksanaannya dilaksanakan secara bertahap dengan Pelatih dan fasilitator berasal dari PMI Kabupaten Nganjuk, dan PMI Provinsi Jawa Timur.  Oleh karena itu pihaknya berharap melalui diksar KSR tersebut dapat meningkatkan kualitas anggota KSR PMI Kabupaten Nganjuk. Serta sebagai langkah awal untuk memulai pelaksanaan pelatihan-pelatihan lainnya.

"Makanya, Diksar ini disesuaikan dengan standar kurikulum untuk pelatihan kedepannya." pungkas Ida Shobihatin.

Reporter : Inna Dewi Fatimah
Editor : Hadiyin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Karyawan PT Jaker Kertosono Keluhkan Upah hingga BPJS

Sabtu, 27 November 2021 | 16:39 WIB

Tinjau Vaksinasi, Kapolres Nganjuk Borong Tahu Bakar

Rabu, 24 November 2021 | 19:36 WIB

Seleksi SKB CPNS Nganjuk Dimulai Bulan Depan

Selasa, 23 November 2021 | 16:56 WIB

Merasa Ditipu, Konsumen Perkarakan PT. Merak Jaya Beton

Selasa, 23 November 2021 | 15:21 WIB

Ini Upaya Polres Nganjuk untuk Perangi Radikalisme

Minggu, 21 November 2021 | 18:29 WIB
X