• Senin, 29 November 2021

Sebanyak 18 Kecamatan di Kabupaten Blitar Rawan Bencana

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:38 WIB
Apel siaga bencana di halaman Polres Blitar dua hari lalu (Aziz/Memo)
Apel siaga bencana di halaman Polres Blitar dua hari lalu (Aziz/Memo)

Blitar, koranmemo.com- Musim hujan yang mulai mengguyur wilayah Kabupaten Blitar menjadi atensi. Ada sedikitnya 18 kecamatan yang rawan bencana angin kencang atau puting beliung. 

Sebanyak 18 kecamatan itu di antaranya Wonodadi, Ponggok, Udanawu, Sanankulon, Sutojayan, Binangun, Kademangan, Nglegok, Selopuro. Disusul kemudian Kecamatan Wlingi, Srengat, Talun, Kesamben, Gandusari, Garum, Doko, Kanigoro dan Selorejo.

"Berdasarkan mapping memang ada 18 kecamatan yang rawan bencana, utamanya bencana angin puting beliung. Kami meminta masyarakat untuk waspada karena saat ini sudah memasuki musim hujan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Bappeda) Kabupaten Blitar, Achmad Cholik, Selasa (26/10).

Dijelaskan Achmad Cholik bahwasanya pihaknya berhasil memetakan daerah rawan bencana karena berdasarkan kejadian dalam beberapa tahun terakhir. 

Bahkan yang terbaru seperti yang terjadi di Kecamatan Nglegok, tepatnya di Desa Sumberasri. Ada setidaknya sembilan rumah yang terdampak puting beliung. Hanya saja kategori kerusakan tidak terlalu parah. Hanya sebagian atap atau genting yang roboh. 

Meski begitu tetap diminta waspada. Karena yang paling bahaya adalah rumah yang di sampingnya ada pohon besar. Harapannya pohon untuk dipotong untuk antisipasi ambruk.

Sementara itu Wakil Bupati Rahmat Santoso ketika memimpin apel siaga bencana di halaman Polres Blitar pada Senin (25/10) mengakui wilayah Kabupaten Blitar banyak rawan bencana. Bukan hanya rawan bencana puting beliung, tetapi juga banjir, tsunami hingga gempa.  

"Karena wilayah Blitar Selatan berbatasan dengan pantai. Kami telah antisipasi dengan memasan early warning system," katanya.

Wilayah rawan tsunami di antaranya Kecamatan Panggungrejo, Wates dan Wonotirto. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Ini Kata BKD Soal ASN Pemkot Blitar yang Terima Bansos

Jumat, 26 November 2021 | 17:57 WIB

Sembilan ASN Masuk Daftar Penerima Bansos 

Kamis, 25 November 2021 | 21:30 WIB

Gagal Menanjak, Truk Boks Nyaris Nyemplung Jurang

Rabu, 24 November 2021 | 19:12 WIB

Hujan Lebat Robohkan Rumah di Kanigoro 

Rabu, 17 November 2021 | 07:06 WIB
X