• Sabtu, 10 Desember 2022

Rahasia Aroma Kayu Gaharu, Ini Penjelasannya

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:10 WIB
Pohon gaharu
Pohon gaharu


Alam semesta dicipatakan tuhan dengan segal manfaat untuk keberlangsungan hidup manusia, termasuk kayu gaharu, yang diyakini memiliki banyak manfaat bagi manusia.

Kayu gaharu atau aquilaria malaccensis banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan, dan memiliki keistimewaan dibandingkan kayu dari pohon lain.

Berbeda dengan kayu lain, kayu gaharu tidak dimafaatkan sebagai bahan pembuatan furniture seperti kayu jati, sengon, mahoni, ulin dan lain sebagainya.

Banyak sekali manfaat dari kayu gaharu yang banyak menyebut sebagai kayu termahal didunia, karena harganya yang cukup tinggi di pasaran.

Baca Juga : Gelang Bertuah, Gelang Dari Kayu Gaharu

Manfaat utama kayu gaharu adalah digunaan sebagai bahan pewangi atau pengharum, salin kegunaan lain bagi kesehatan tubuh manusia.

Secara alami, kayu gaharu sudah mengandung senyawa yang dapat memunculkan aroma harum atau wewangian melalui proses alamiah.

Sebenarnya secara bentuk fisik, tidak ada yang menarik dari pohon gaharu, karena pohon ini awalnya tidak memiliki bau, dan berwarna pucat.

Namun batang atau bagian dari pohon gaharu bisa luka akibat terkelupas atau ranting yang patah, sehingga memicu munculnya jamur phialophora parasitica di pohon tersebut.

Sebagai sistem pertahanan alami, pohon gaharu langsung menghasilkan senyawa fitoaleksin dan menghasilkan resin aromatic yang diinduksi stres yang disebut aloes, yang berwarna gelap dan lembap.

Halaman:

Editor: Irwan Maftuhin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Aroma Kayu Gaharu, Ini Penjelasannya

Rabu, 27 Oktober 2021 | 08:10 WIB

Kemungkinan Gunung Berapi Aktif Ditemukan di Venus

Selasa, 21 Juli 2020 | 10:48 WIB

Tikus Miliki Sejumlah Ekspresi Mirip Manusia

Jumat, 3 April 2020 | 13:07 WIB

Kamera Juno Tangkap Erupsi Gunung Berapi di Io

Selasa, 8 Januari 2019 | 14:23 WIB
X