• Senin, 29 November 2021

Ketua PWI Kediri: Wartawan Punya Peran Aktif Berantas Narkoba

- Selasa, 23 November 2021 | 11:58 WIB
Wartawan memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ).
Wartawan memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ).

Kediri, koranmemo.com - Wartawan memiliki peran penting dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba ( P4GN ).

Hal tersebut disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kediri, Bambang Iswahyoedhi saat menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop Penguatan Kapasitas Insan Media Untuk Mendukung Kota Tanggap Ancaman Narkoba, Selasa (23/11).

“Sekali kita berbicara, jutaan orang yang mendengar. Itulah pentingnya peran wartawan dalam penyebarluasan P4GN,” ujarnya.

Dalam menyampaikan informasi, lanjut Bambang, wartawan juga tidak boleh asal-asalan. Namun harus tetap berdasarkan sumber yang jelas, berimbang, sesuai dengan kaidah jurnalistik, serta memiliki etika.

Baca Juga: Motor Mogok Saat Menerjang Banjir, Ini Penyebab dan Solusinya

Baca Juga: Kota Batu Raih Peringkat II Pengadaan Barang dan Jasa Melalui E-Commerce Jatim Bejo

“Hal yang penting lainnya, media harus menjadi penangkal hoaks. Dengan demikian, informasi yang diterima atau diketahui masyarakat menjadi informasi yang mendidik dan memberikan pengaruh positif,” tutupnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala BNN Kabupaten Kediri, AKBP Lilik Dewi Indarwati mengatakan bahwa peran media dalam penyampai P4GN kepada masyarakat adalah sangat penting.

“Media membantu kami dalam memberikan sosialisasi P4GN kepada masyarakat. Kami harapkan juga, dengan adanya informasi yang mengedukasi masyarakat, nantinya ada juga peran serta masyarakat untuk ikut dalam upaya P4GN,” kata AKBP Lilik Dewi.

Mantan Kepala BNN Kota Kediri tersebut juga kembali menyampaikan bahwa BNN memiliki sarana rehabilitasi penyalahguna narkoba. Ia pun mengimbau agar masyarakat tidak takut melaporkan adanya penyalahgunaan narkoba.

“Tidak perlu takut. Karena jika dibawa ke kami (BNN,red), akan direhabilitasi. Namun beda jika sudah terlanjur ditangkap Polisi. Rehabilitasinya, nanti menunggu putusan pengadilan,” pungkasnya.

Editor : Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Kediri: Kekurangan SDM Jangan Jadikan Alasan...

Jumat, 26 November 2021 | 11:10 WIB

Peringati Hari Guru, Ini Harapan Guru SLB C Pare

Kamis, 25 November 2021 | 18:41 WIB

Percepatan Vaksinasi Siswa SMP Negeri 1 Gampengrejo

Kamis, 25 November 2021 | 13:46 WIB
X