• Senin, 23 Mei 2022

Pangdivif 2 Kostrad Ikut Serta Wujudkan Aksi Indonesia Hijau

- Selasa, 23 November 2021 | 18:38 WIB
Program Aksi Indonesia Hijau dengan mengikuti acara penanaman pohon di bukit Jengkoang. (Arief/memo)
Program Aksi Indonesia Hijau dengan mengikuti acara penanaman pohon di bukit Jengkoang. (Arief/memo)

Batu, koranmemo.com - Sebagai wujud Sinergitas, Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad, S.H bersama Kepala Perhutani KPH Malang, Wali Kota Batu yang diwakili Wawali Kota Batu dan Forkopimda kota Batu turut mendukung program Aksi Indonesia Hijau dengan mengikuti acara penanaman pohon di bukit Jengkoang, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Selasa (23/11).

Melestarikan lingkungan menjadi salah satu pokok perhatian bagi Divif 2 Kostrad. Pasalnya, lingkungan yang tidak terjaga dan dirawat dengan baik akan menjadi petaka bagi warga masyarakat.

Kegiatan ini disambut baik oleh warga, karena dengan adanya banyak bibit tanaman yang di tanam dapat mengajarkan kepada warga tentang pentingnya menjaga lingkungan dan tidak sembarangan menebang pohon, karena akan berdampak buruk bagi wilayah sekitar.

Baca Juga: Kemendag Kucurkan Anggaran Rp 4 M untuk Pemkab Magetan

Baca Juga: Mulai 24 November Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 di Seluruh Indonesia, Ini Beberapa Strategi Yang Dilakukan

“Aksi Indonesia Hijau ini bertujuan untuk mencegah bahaya banjir dan tanah longsor. Selain itu, melalui penanaman pohon kembali, akan memperkuat daya ikat tanah dan memudahkan penyerapan air di saat musim hujan serta menjaga kondisi alam agar tetap lestari, mengurangi polusi udara dan pemanasan global (global warming) serta sejumlah manfaat lainnya. Untuk itu utamakan pemeliharaan dan perawatan tanaman agar bermanfaat bagi kita sekaligus menjaga kondisi alam dari bahaya bencana," ujarnya,Selasa (23/11).

Kegiatan simbolis penanaman bibit pohon yang dilaksanakan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad berjalan dengan lancar dan kemudian kegiatan tersebut dilanjutkan oleh para anggota dan perhutani serta masyarakat yang dengan semangat ikut turut mendukung dan membantu dalam kegiatan ini.

"Kegiatan sudah berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 20-23 November 2021 yang bertempat di Pusung Lading, Gunung Pacung dan terakhir hari ini di bukit Jengkoang,total nanti sekitar 12 ribu pohon," ungkapnya.

Mengingat terbatasnya waktu agenda untuk TNI dan Perhutani dalam kegiatan ini, Aksi Indonesia Hijau ini terus dilaksanakan meskipun hujan turun cukup deras karena menurut Pangdivif 2 Kostrad Mayor Jenderal TNI Andi Muhammad, S.H.

 “Hujan Adalah Anugerah Dari Tuhan YME, sehingga dalam rangka mencapai pemenuhan penanaman 12 ribu bibit pohon dapat tercapai, " jelasnya.

Sesuai perintah Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M. kepada satuan jajaran menegaskan, utamanya 8 Wajib TNI nomor 8 yaitu Mengatasi Kesulitan Rakyat di sekelilingnya.

" Dengan maksud dalam penyelenggaraan Aksi Indonesia Hijau ini diharapkan dapat mencegah terjadinya banjir dan merupakan upaya untuk mengatasi kesulitan rakyat akibat dampak bencana alam di Kota Batu," tutupnya .

Reporter : Arief Juli Prabowo
Editor : Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

CJH Kota Batu Dipastikan Berangkat Tahun Ini

Minggu, 22 Mei 2022 | 16:56 WIB

Pedagang Kota Batu Tolak Penutupan Pasar Hewan

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:38 WIB
X