• Kamis, 20 Januari 2022

Agar Tidak Malas, Ini Yang Perlu Kita Lakukan

- Rabu, 24 November 2021 | 12:18 WIB
Ilustrasi malas. (istimewa)
Ilustrasi malas. (istimewa)

koranmemo.com - Manusia diciptakan oleh Allah mempunyai dua potensi, yakni potensi kebaikan dan potensi keburukan. Potensi keburukan salah satunya adalah rasa malas. Rasa malas menjadikan hidup kita menjadi kering dari aktivitas kebaikan dan menyebabkan hidup kita tidak maju. Malas menjadi musuh kita untuk melakukan dan memperoleh apa yang kita inginkan dan kita cita-citakan.

Jika tidak ada upaya dan usaha yang kita lakukan secara terencana dengan komitmen dan semangat yang kuat, malas yang merupakan potensi keburukan kita akan tetap menjadi masalah dalam hidup. Lalu apa yang harus kita lakukan agar kita bisa melawan dan menyingkirkan rasa malas. Atau mungkin apa yang perlu kita baca agar kita terhindar dari rasa malas.

Dikutip dari akun Youtube SM Channel, dai kondang, Ustadz Adi Hidayat menyampaikan ada 4 hal yang perlu kita lakukan agar kita terhindar dari rasa malas. Di antaranya :

Baca Juga: Resep Agar Tidur Kita Berkualitas

Baca Juga: Mata Merah, Ini Beberapa Penyebabnya

1. Berdoa pada Allah agar tidak malas, dengan doa yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW menganjurkan kita untuk berdoa agar terhindar dari sejumlah karakter atau sifat buruk, salah satunya  adalah malas. Doa yang dicontohkan adalah sebagai berikut :

Dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW biasa membaca doa :

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ

Artinya : "Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, rasa malas, rasa takut, kejelekan di waktu tua, dan sifat kikir. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari siksa kubur serta bencana kehidupan dan kematian).” (HR. Bukhari & Muslim )

Doa tersebut bisa dibaca rutin setiap akhir salat atau ditambah dengan dibaca ketika sedang mengawali aktivitas kebaikan. Dengan doa tersebut semoga Allah menjauhkan dan menghindarkan kita dari rasa malas.

2. Membangun motivasi dari apa yang akan kita lakukan
Untuk menghilangkan rasa malas kita harus menguatkan motivasi dari kebaikan yang kita lakukan. Misalnya kegiatan menghafal Al Quran. Agar tidak malas menghafal Al Quran kita seyogyanya mengiringinya dengan motivasi bahwa dengan hafal Al Quran dosa-dosa kita akan terampuni. dengan hafal  Al Quran kita akan mendapat syafaat Al Quran di hari kiamat nantinya, dengan menghafal Al Quran kita akan memakaikan mahkota pada orang tua, besok di akhirat dan berbagai motivasi lainnya.

3. Menuliskan motivasi di tempat kerja atau di rumah
Guna menghilangkan rasa malas kita juga bisa menuliskan motivasi di sebuah kertas atau dicetak dan ditempatkan di tempat yang biasa tampak oleh kita. Misalnya di tempat kerja dan di rumah. Dengan selalu melihat tulisan motivasi itu, kita tidak akan malas dan selalu ingat serta bersemangat melakukan kebaikan.

4. Meminta doa dari orang tua atau orang orang saleh
Untuk menjadi manusia yang produktif, tidak malas dan berhasil dalam semua bidang, salah satu dukungannya adalah dari doa orang tua atau orang orang saleh.
Untuk itu alangkah baiknya kita selalu meminta doa pada orang tua kita bila orang tua kita masih hidup. Kemudian juga minta didoakan bila bertemu ulama, kyai atau orang orang saleh. Minta didoakan agar kita tidak malas dan menjadi orang yang baik aqidahnya, baik ibadahnya, baik muamalahnya dan baik akhlaknya.

Demikian, 4 jurus agar kita terhindar dari sifat malas. 4 hal ini yang disampaikan Ustadz Adi Hidayat bisa kita coba dan kita istiqomah untuk dipraktekkan. Semoga Allah SWT memberikan karunia pada kita berupa produktivitas dalam kebaikan dan terhindar dari sifat malas.

Editor : Hadiyin

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Cara Menyelamatkan Diri Saat Gempa Bumi

Kamis, 20 Januari 2022 | 15:19 WIB

6 Aplikasi untuk Membuat CV Terbaik di HP dan PC

Kamis, 20 Januari 2022 | 14:52 WIB

Intip, Ini 5 Cara Mudah Membasmi Gulma Tanaman

Rabu, 19 Januari 2022 | 10:47 WIB

Perhatikan ! Ini Cara Agar Remaja Aktif di Masjid

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:00 WIB

7 Gerakan yang Bisa Naikkan Tinggi Badan Kamu

Senin, 17 Januari 2022 | 20:06 WIB

6 Cara Investasi Emas Agar Bisa Untung

Sabtu, 15 Januari 2022 | 12:01 WIB
X