• Senin, 29 November 2021

Presiden Joko Widodo akan Resmikan Bendungan Tugu, Polres Trenggalek Terjunkan 900 Personel

- Kamis, 25 November 2021 | 13:13 WIB
Bendungan tugu Trenggalek saat awal Impounding September lalu. (angga/memo)
Bendungan tugu Trenggalek saat awal Impounding September lalu. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Pembangunan proyek strategis nasional ( PSN ) Bendungan Tugu di pinggir jalan nasional Trenggalek-Ponorogo tepatnya di Desa Nglinggis Kecamatan Tugu rampung dikerjakan. Rencananya, dalam waktu dekat bendungan itu akan diresmikan Presiden Joko Widodo.

Pejabat Pembuat Komitmen Bendungan Tugu, Yudha Tantra Ahmadi mengatakan, proyek yang menelan anggaran hingga Rp 1,8 triliun itu sudah siap untuk diresmikan.

Secara keseluruhan, pekerjaan bendungan yang dibangun sejak 2014 itu sudah 100 persen.

“Pekerjaan (inti) secara keseluruhan sudah rampung 100 persen. Ini tinggal perapian-perapian saja, seperti di lereng kanan spilway. Tapi kita sudah siap, karena (perapian itu) tidak mengganggu prosesi peresmian. Secara keseluruhan kita sudah siap semua,” kata Yudha saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Raden Mas Ngabehi Dwidjosewojo, Pencetus PGHB

Baca Juga: Begini Cara Guru di Kediri Peringati Hari Guru Nasional

Seperti PSN lainnya, menurut rencana, lanjut Yudha, bendungan itu akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Informasinya akan diresmikan pada November, setelah dilakukan pengisian awal waduk (impounding) 21 September lalu.

“Kalau soal itu (pelaksanaan peresmian), kami belum bisa memastikan kapannya, kami masih menunggu informasi lebih lanjut dari pusat. Namun yang jelas bendungan ini sudah siap sewaktu-waktu untuk diresmikan,” pungkasnya.

Sementara menjelang rencana peresmian bendungan oleh Presiden Joko Widodo, Polres Trenggalek melakukan cek rute dan lokasi pengamanan. Cek rute itu meliputi akses jalan yang akan dilalui presiden dan rombongan beserta jalur alternatifnya, termasuk landasan helikopter.

“Secara umum Trenggalek aman dan kondusif. Siap untuk menerima kunjungan peresmian bendungan yang dibanggakan masyarakat Trenggalek,” kata Kapolres Trenggalek, AKBP Dwiasi Wiyatputera.

Dwiasi menambahkan, untuk pengamanan kunjungan kerja orang nomor satu di Indonesia itu, petugas menerjunkan sebanyak 900 personil. Mereka akan disiagakan di beberapa titik untuk menunjang kelancaran dan keamanan kegiatan tersebut.

“Nantinya ada pengamanan sepanjang jalan ke lokasi, kami dengan TNI akan bersinergi untuk keamanan. Untuk pengamanan kita menyiapkan 900 anggota dari TNI-Polri,” kata Dwiasi.

Reporter : Angga Prasetya
Editor : Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cerita Dibalik Pencinta Olahraga Rock Climbing

Sabtu, 27 November 2021 | 05:00 WIB

Tanah Longsor di Trenggalek, Tercatat 30 Rumah Rusak

Minggu, 21 November 2021 | 18:01 WIB

Jalan Ambles di Trenggalek, 13 KK Terisolir

Jumat, 19 November 2021 | 20:21 WIB

Siswa SMA di Trenggalek Tekuni Usaha Ikan Mas Koki

Kamis, 18 November 2021 | 07:00 WIB
X