• Kamis, 20 Januari 2022

Saatnya Petani di Ngawi Terapkan Penyemprotan Pupuk Pakai Drone

- Kamis, 25 November 2021 | 22:02 WIB
IIlustrasi Petani menata karung berisi garam di Desa Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo.  (/Deni Ahmad Wijaya/JemberNetwork.com)
IIlustrasi Petani menata karung berisi garam di Desa Kalibuntu, Kabupaten Probolinggo. (/Deni Ahmad Wijaya/JemberNetwork.com)


Ngawikoranmemo.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama anggota holdingnya melakukan penyemprotan pupuk organik cair Phonska OCA menggunakan drone di areal persawahan Jambe Kulon, Desa Gemarang, Kecamatan Kedunggalar, Ngawi, Kamis (25/11).
 
Kegiatan penyemprotan  melibatkan TodayTech selaku penyedia drone pertanian dari Yogyakarta dihadiri Asisten Vice President Penjualan Wilayah Jatim 1 PT. Pupuk Indonesia Wawan Arjuna, dan Kepala Dinas Pertanian Ngawi Supardi.
 
Asisten Vice President Penjualan Wilayah Jatim 1 PT. Pupuk Indonesia Wawan Arjuna mengatakan, Phonska OCA adalah pupuk organik cair terbaru yang disubsidi pemerintah di tahun 2021 ini.

Dan untuk acara penyemprotan  pupuk organik cair OCA ini dilaksanakan di 14 Kabupaten yang tersebar di 3 provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.
 
Dalam praktiknya, drone ini mampu membawa terbang 5 liter pupuk organik cair Phonska OCA. “Untuk satu hektare lahan padi, dibutuhkan waktu 15 menit untuk menyemprotkan Phonska OCA menggunakan drone,” katanya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Ngawi Supardi mengatakan, jika nanti uji lokasi di berbagai daerah sudah terbukti hasilnya, maka dapat menambahkan motivasi petani di Ngawi.
 
“Petani dapat memanfaatkan teknologi drone pertanian agar bertani pebih mudah dan menyenangkan, dan tentunya hasil panen dapat meningkat secara signifikan.” tandasnya. 

Reporter : Aris Purniawan/Juremi
Editor :  Achmad Saichu
 
 
 
 
 

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Silpa Proyek di Ngawi Capai Rp 42.6 Miliar

Selasa, 18 Januari 2022 | 21:02 WIB

Tempat Pembuangan Sampah di PBN Mangkrak

Minggu, 16 Januari 2022 | 19:57 WIB

Setahun, 90 Orang Tewas Akibat Laka Lantas di Ngawi

Senin, 3 Januari 2022 | 20:46 WIB
X