Yaya Yufinanda Andillas, Atlet Balap Sepeda Muda

- Jumat, 3 Desember 2021 | 05:00 WIB
Yaya Yufinanda Andillas saat mengikuti lomba sepeda balap. (istimewa)
Yaya Yufinanda Andillas saat mengikuti lomba sepeda balap. (istimewa)

Kediri, koranmemo.com - Dari hobi jadi prestasi. Mungkin itu kalimat yang tepat untuk Yaya Yufinanda Andillas, pelajar kelas SMA kelas X asal Desa Tawang Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Berawal dari hanya sekadar ingin berolahraga, kini balap sepeda sudah menjadi bagian dari hidupnya, bahkan membuatnya membawa pulang banyak piala. 

Yaya, begitu dia biasa disapa mengatakan, dia mulai hobi bersepeda sejak tahun 2017, tepatnya saat duduk di bangku kelas VII.  Sebelumnya, dia memilih bermain basket sejak kelas V SD. Dia menceritakan, kegemarannya bersepeda berawal saat dia diajak oleh pelatih basketnya berkeliling di desa hingga pegunungan menggunakan sepeda. Sejak saat itu, Yaya menjadi sering bersepeda sendiri.

Saat mengetahui ternyata sepeda memiliki cabang olahraga, yakni balap sepeda, Yaya pun tertarik untuk bergabung. Awalnya dia menekuni dua bidang olahraga sekaligus, tapi lama kelamaan dia memutuskan untuk fokus pada balap sepada.  

Baca Juga: Jelang Nataru, 6 Titik Pintu Masuk Kota Batu Diperketat

Baca Juga: Serapan Anggaran Minim, Silpa Kota Batu Capai Rp 424 M

"Saat saya coba, ternyata rasanya lebih seru dan banyak tantangan. Secara perlahan, saya memutuskan untuk meninggalkan basket dan mulai fokus ke balap sepeda," katanya.

Pelajar berusia 16 tahun ini mengungkapkan, alasan memilih sepeda adalah karena dia merasakan manfaat lebih banyak di dalam kesehatan, salah satunya dapat meningkatkan kekuatan otot. Selain itu, bersepeda juga tidak mononton karena dia bisa mencoba berbagai macam rute, dari yang biasa sampai yang ekstrem.

"Dulu pertama kali latihan sepeda saya sempat ikut di jalur Gunung Klotok. Ternyata setelah saya coba rasanya lebih lelah dari pada basket," ucapnya.

Walaupun banyak menguras tenaga, Yaya tetap bersemangat dan berusaha demi mengikuti balap sepeda. Sejak kecil, dia ingin sekali membahagiakan kedua orang tua dan mengharumkan nama daerahnya. Apalagi, orang tuanya pun sangat mendukung dalam segala apapun yang sudah menjadi keinginannya.

"Usia saya kan masih muda, makanya saya banyak-banyak mencari pengalaman," ujarnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Penyembelihan Hewan Kurban Dianjurkan di RPH

Selasa, 5 Juli 2022 | 18:38 WIB
X