• Minggu, 25 September 2022

Melihat Pembuatan Kostum Cosplay di Jombang: Berbahan Eva Foam, Permintaan Tembus Amerika

- Senin, 6 Desember 2021 | 09:53 WIB
Proses pembuatan kostum karakter di tempat Reza. (taufiqur/memo)
Proses pembuatan kostum karakter di tempat Reza. (taufiqur/memo)

Jombang, koranmemo.com - Bagi sebagian orang, mungkin ada yang pernah menjumpai sekelompok orang memakai kostum karakter animasi, komik hingga video game dalam acara-acara tertentu. Hobi bermain kostum ini dikenal dengan sebutan cosplay.

Nah, di Kabupaten Jombang, ada warga yang piawai membikin kostum cosplay. Bahkan, diakui sang pembuat, kostum cosplay produksinya diminati hingga mancanegara.

Sambil sesekali menyeruput kopi, tangan pria bernama Reza Andi Faisal terlihat  lihai memotong pola yang digambar dalam sebuah eva foam alias busa hati dirumahnya. Satu per satu pola dapat diselesaikan dengan cukup cepat.

Reza, panggilan akrabnya, dapat menyelesaikan satu persatu pola yang akan dijadikan bahan merangkai kostum cosplay dengan cepat. Maklum saja, warga Desa Sambongdukuh, Kecamatan/Kabupaten Jombang sudah menggeluti profesinya sebagai cosplay maker sejak 2014 silam.

Baca Juga: Jelang Nataru Kemedikbud Keluarkan SE, Rapor Siswa Dibagikan pada Januari 2022

Baca Juga: Kapal Cepat Rudal 60 M ke-5 Dilucurkan, Prabowo: Kita Tidak Bergantung Dengan Industri Pertahanan Luar Negeri

Tujuh tahun bukan waktu yang singkat untuk mengasah kemampuan membuat Cosplay. Awalnya, pria berusia 28 tahun itu mengaku hanya membuat karena hobi dengan bahan bahan yang seadanya. Namun seiring berjalannya waktu, membuat cosplay sudah menjadi andalan Reza untuk bertahan hidup.

”Awalnya membuat cosplay karena memang suka costum superhero dan tokoh karakter anime. Namun setelah pasar banyak minat, akhirnya kini jadi profesi,’’ ungkapnya kepada wartawan, Rabu (1/12)

Dalam kurun waktu tersebut, suka duka membuat kostum cosplay dilalui Reza. Dari satu pekerja yang membantunya membuat kostum cosplay, hingga sekarang ada delapan orang yang membantunya, mulai dari tenaga harian yang membuat kostum hingga penjahit.

Keunikan, kostum cosplay buatan reza dibandingkan yang lain adalah hasilnya yang detail. Ia mengaku, cosplaynya bertahan dan disukai banyak pelanggan karena mengedepankan kualitas.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pengendara Motor CB Tewas, Truk Penabrak Kabur

Minggu, 25 September 2022 | 18:00 WIB

Nama Tercantum di Anggota Parpol, Warga Lapor Bawaslu

Rabu, 21 September 2022 | 19:47 WIB

KPM Asal Desa Mancar Akhirnya Terima BLT BBM

Senin, 19 September 2022 | 19:35 WIB

Data BLT BBM Tak Valid, Ini Kata Aktivis Jombang

Senin, 19 September 2022 | 11:04 WIB
X