• Kamis, 27 Januari 2022

Warga Besowo Temukan Benda Purbakala di Hutan Lereng Gunung Kelud

- Kamis, 13 Januari 2022 | 18:38 WIB
benda purbakala saat diamankan di rumah warga di Desa Besowo Kecamatan Kepung. (rizky/memo)
benda purbakala saat diamankan di rumah warga di Desa Besowo Kecamatan Kepung. (rizky/memo)

Kediri, koranmemo.com - Benda purbakala dengan keadaan tertimbun tanah ditemukan warga di hutan dan ladang di lereng Gunung Kelud tepatnya Dusun Besowo Timur dan Dusun Sekuning Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Adapun benda yang ditemukan yakni batu lingga yoni, uang koin logam kuni bermotif huruf cina, batu segi empat, batu segi delapan,mangkok, batu berukir, dan batu bata besar. Benda purbakala tersebut, diduga peninggalan sebelum era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri.

Menurut Yulianto (32) penemu benda purbakala warga setempat mengatakan, penemuan benda tersebut berawal saat dirinya bersama temannya saat pergi di hutan kaki Gunung Kelud di desa setempat.

Awalnya, Yulianto tidak sengaja menemukan benda purbakala yaitu uang koin logam kuno bermotif huruf cina sebanyak 1000 keping.

Baca Juga: Laporan Banding Ditolak TP3KD, Cakades Bambang Hariyanto Tempuh Upaya Hukum Lain

Baca Juga: Hadapi Panic Buying atas Gas Elpiji 3 Kg, Ini Cara Disperdagkop & UM Kabupaten Madiun

“Penemuan ini sekitar enam bulan lalu, tapi pencariannya secara bertahap sampai saat ini,” jelasnya saat ditemui di rumahnya, Kamis (13/1).

Selain uang koin logam, Yulianto menemukan lingga yoni atau batu lumpang, batu segi empat, batu segi delapan,mangkok, batu berukir, dan batu bata besar di lima hingga enam lokasi.

Dia menduga bahwa benda purbakala tersebut masih ada di hutan dan ladang milik warga.

"Kalau totalnya benda purbakala yang ditemukan kurang lebih ada 100. Sementara ini sudah kami amankan di rumah dan menunggu informasi lebih lanjut," ujarnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X