• Senin, 8 Agustus 2022

Warga Besowo Temukan Benda Purbakala di Hutan Lereng Gunung Kelud, Ternyata Begini Awalnya

- Kamis, 13 Januari 2022 | 19:22 WIB
benda purbakala saat diamankan di rumah warga di Desa Besowo Kecamatan Kepung. (rizky/memo)
benda purbakala saat diamankan di rumah warga di Desa Besowo Kecamatan Kepung. (rizky/memo)

Kediri, koranmemo.com - Benda purbakala dengan keadaan tertimbun tanah ditemukan warga di hutan dan ladang di lereng Gunung Kelud tepatnya Dusun Besowo Timur dan Dusun Sekuning Desa Besowo Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri.

Adapun benda yang ditemukan yakni batu lingga yoni, uang koin logam kuni bermotif huruf cina, batu segi empat, batu segi delapan,mangkok, batu berukir, dan batu bata besar.

Benda purbakala tersebut, diduga peninggalan sebelum era Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Kediri.

Wibowo Kepala Dusun Besowo Timur mengungkapkan, penemuan benda purbakala tersebut diawali dari keluhan warga karena tanamannya tidak dapat tumbuh subur.

Baca Juga: Warga Besowo Temukan Benda Purbakala di Hutan Lereng Gunung Kelud

Selanjutnya, warga melakukan proses pembuatan pematang sawah atau disebut galengan.

"Proses pembuatan itu, warga menemukan sebuah batu. Saat digali, ternyata batu itu banyak dan merupakan benda purbakala," ucapnya.

Menurut Bowo, di lokasi penemuan masih banyak benda purbakala berbentuk tumpukan batu dan diperkirakan ada sebuah candi karena sebelumnya ditemukan berupa patung brahmana bermuka empat dan penyimpan abu jenazah.

“Diduga benda purbakala sebelum era Kerajaan Kediri dan Majapahit karena banyak ditemukan batu kasar berbentuk segi delapan, panjang dan tebal,” tambahnya.

Atas temuan tersebut, Bowo melakukan koordinasi dengan kepala desa setempat dan menghubungi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, dan Puslit terkait penemuan benda purbakala agar segera dilakukan eskavasi.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Penjelasannya

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:47 WIB
X