• Senin, 23 Mei 2022

Waspada Varian Omicron, Ini Kata Bupati Trenggalek

- Senin, 17 Januari 2022 | 18:16 WIB
Pers rilis di Pendopo Trenggalek.  (angga/memo)
Pers rilis di Pendopo Trenggalek. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menegaskan tidak menemukan adanya varian Covid-19 Omicron di Kabupaten Trenggalek.

Kesimpulan itu berdasarkan hasil investigasi Pemkab Trenggalek menyikapi kabar adanya warga Malang yang konfirmasi positif Omicron usai berkunjung ke Bumi Menak Sopal.

Mas Ipin juga meminta warganya tidak panik dengan kabar yang beredar dan belum tentu dapat dipertanggungjawabkan.

“Atas hasil investigasi ini warga diminta untuk tidak panik menanggapi pemberitaan yang beredar,” kata Mas Ipin saat konferensi pers di pendopo, Senin 17 Januari 2022.

Ia menambahkan, dari enam kontak erat yang telah ditelusuri lebih dalam, semuanya dinyatakan negatif Covid-19 baik melalui hasil tes swab antigen maupun tes swab PCR.

“Jadi telah beredar berita bahwa ada pasien nyonya L yang di swab pada tanggal 11 Januari, kemudian dinyatakan positif varian omicron. Kalau dirujuk sesuai pedoman dari Kementerian Kesehatan bahwa kontak erat adalah mereka yang berhubungan dengan rentang waktu setidak-tidaknya tiga hari ke belakang sejak ditemukannya kasus,” jelasnya.

Namun berdasarkan riwayat perjalanan L, telah meninggalkan Trenggalek sejak 31 Desember 2021 lalu sehingga tidak sesuai klasifikasi yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Berdasarkan hasil rilis dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, pasien L terkonfirmasi dari D yang disebutkan positif pada 5 Januari lalu.

“Memang betul berkunjung ke Trenggalek, namun telah meninggalkan Trenggalek sejak 31 Desember 2021. Jadi kalaupun diklasifikasikan yang di Trenggalek ini sebagai kontak erat, sesuai pedoman Kementerian Kesehatan itu bukan kontak erat,” jelasnya.

Meskipun demikian pemerintah setempat telah mengambil langkah antisipatif.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

Trenggalek Mitigasi Penyebaran PMK Hewan Ternak

Kamis, 12 Mei 2022 | 13:28 WIB
X