• Senin, 23 Mei 2022

21 Orang Terjangkit DBD, Warga Dihimbau Waspada dan Galakkan PSN

- Rabu, 19 Januari 2022 | 10:23 WIB
Ilustrasi DBD
Ilustrasi DBD

Trenggalek, koranmemo.com - Demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Trenggalek mulai mewabah. Dilaporkan per Senin (17/1) ada sekitar 21 orang yang sudah terjangkit penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aegypti itu.

Untuk itu warga diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan menggalakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di lingkungan sekitar.

Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Trenggalek, Saeroni mengatakan, telah mengambil langkah sesuai prosedur penanganan demam berdarah.

Yakni lanjutnya, mulai penyelidikan epidemiologi hingga fogging yang sudah dilakukan di beberapa titik. Misalnya beberapa titik di Kecamatan Pogalan, Kecamatan Munjungan dan Kecamatan Tugu.

Baca Juga: Dikejar, Nabrak Tiang Listrik: Remaja Ini Malah Dikeroyok Pemuda Tulungagung

“Jadi yang pertama apabila ada kasus DBD kita lakukan penyelidikan epidemiologi, apabila di radius 100 meter ada penderita yang panas maka kita lakukan fogging. Dengan begitu upaya ini harapannya kasusnya tidak meningkat, karena sejak awal sudah dilakukan pencegahan atau penanganan yang cepat,” katanya.

Dia menyebutkan, pencegahan yang dimaksud diantaranya adalah memaksimalkan peran kader juru pemantau jentik (jumantik).

Sebab ada beberapa daerah di Trenggalek yang menjadi endemik penyakit ini, yang artinya ada kasus DBD tiap tahun. Meliputi Kecamatan Kota, Kecamatan Durenan, Kecamatan Pogalan dan Kecamatan Gandusari.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat untuk menggalakkan PSN. Sebab langkah itu menjadi kunci ampuh untuk memutus perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti dan aedes albopictus yang dikenal sebagai pembawa virus dengue masuk ke tubuh manusia. Dengan begitu diharapkan kasus DBD tidak semakin bertambah.

Baca Juga: Tunggu Pembeli di Sawah, Pengedar Sabu Diringkus Unit Reskrim Polsek Wates

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Trenggalek Mitigasi Penyebaran PMK Hewan Ternak

Kamis, 12 Mei 2022 | 13:28 WIB
X