• Sabtu, 21 Mei 2022

Selama Vaksinasi Anak di Kabupaten Kediri Tidak Ditemukan KIPI

- Rabu, 19 Januari 2022 | 13:20 WIB
Siswa yang ikuti vaksinasi di sekolah masing-masing. (bakti/memo)
Siswa yang ikuti vaksinasi di sekolah masing-masing. (bakti/memo)

Kediri, koranmemo.com - Sejak dimulainya vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun untuk anak TK hingga SD di 20 Desember 2021 lalu, Dinas Pendidikan (Disdik) berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri, tidak menemukan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) bagi anak.

Sujud Winarko Kepala Disdik Kabupaten Kediri melalui Dr Nur Miftahul Fuad Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kabupaten Kediri menjelaskan, secara umum kondisi anak-anak saat dilakukan vaksinasi dalam kondisi sehat.

“Kita pantauan berkelanjutan setiap saat guna mengetahui kondisi anak pasca vaksinasi. Sesuai mekanisme vaksinasi, tentu kesehatan anak diperiksa sebelum divaksin,” jelasnya.

Ditambahkan Fuad jika anak dalam kondisi tidak sehat maka harus tunda vaksin. Bisa saja tunda vaksin dilakukan karena anak memiliki penyakit penyerta dan jika dipaksakan vaksinasi akan berdampak fatal.

Baca Juga: Wanita ini Ditemukan Tewas Mengenaskan Tertabrak Kereta Api di Purwoasri

Baca Juga: Intip, Ini 5 Cara Mudah Membasmi Gulma Tanaman

“Jika usai vaksinasi, anak juga ikuti masa observasi selama 30 menit dengan pengawasan tim medis. Ini untuk memastikan kondisi anak benar-benar sehat dan berkelanjutan vaksinasi dengan jarak waktu yang ditentukan tim medis,” ujarnya.

Dijelaskan Fuad saat ini vaksin yang cocok tahap I bagi anak adalah vaksin jenis Sinovac. Diharapkan akhir Januari sesuai dengan harapan mas Bupati,vaksinasi anak harus selesai 100 persen,” jelasnya.

“Karenanya saat ini sedang dilakukan percepatan vaksinasi anak di tingkat SD seluruh Kabupaten Kediri. Kami berharap sekalipun anak sudah vaksin, agar tetap perhatikan protokol kesehatan dengan ketat dan tidak terpapar Covid 19,” imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X