• Sabtu, 21 Mei 2022

Saat Pandemi, Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Kabupaten Kediri Meningkat

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:24 WIB
Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri dr Nur Wulan Andadari. (bakti/memo)
Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri dr Nur Wulan Andadari. (bakti/memo)

Kediri, koranmemo.com - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Kediri mencatat kekerasan anak dan perempuan di tahun 2021 meningkat dibanding tahun 2020. Di tahun 2020 ada 50 kasus sedangkan di tahun 2021 meningkat menjadi 79 kasus.

Kepala DP2KBP3A Kabupaten Kediri dr Nur Wulan Andadari menjelaskan, di awal tahun 2022 tercatat tanggal 1 hingga 10 Januari kasus kekerasan anak ini mencapai 5 kasus.

“Sebagian besar kasus ini menimpa perempuan berusia 18 tahun ke bawah dan pelaku sudah dikenal. Pelaku lebih banyak orang dekat dan kasus penemuan kasus terbesar adalah kehamilan di luar nikah dan keduanya pihak belum siap menikah,” jelasnya.

Andadari menjelaskan, dalam kondisi seperti ini DP2KBP3A memberikan perlindungan kepada anak korban kekerasan rumah tangga dan seksual.

Baca Juga: BIN dan Dinkes Lakukan Vaksinasi Booster Pertama di Ponorogo

“Kita berkoordinasi dengan tim penanggulangan terpadu kekerasan dan perlindungan Perempuan anak (TPTPKP2A) Kabupaten Kediri. Tim ini merupakan tim lintas instansi di Kabupaten Kediri yang terkait penanggulangan kekerasan terhadap perempuan dan anak” katanya.

Dijelaskan Andadari adanya peningkatan kasus kekerasan pada perempuan di tahun 2020 dan tahun 2021 ini karena peran orang tua yang kurang maksimal dan ruang bergaul anak.

“Secara umum kasus ini pelakunya sudah di atas usia 18. Namun juga ada pelaku usia 15 tahun. Sehingga mereka tidak siap menghadapi kenyataan adanya kehamilan diluar nikah resmi,” katanya.

Andadari menyampaikan peran orang tua yang tidak maksimal dan belum adanya fungsi keluarga saling melindungi kurang capaianya.

Baca Juga: Angka Pernikahan Dini di Tulungagung Naik

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X