• Sabtu, 21 Mei 2022

Musim Hujan Debit Air Bendungan Sungai Badug Meningkat

- Minggu, 23 Januari 2022 | 21:32 WIB
Pemantauan debit air di Bendungan Sungai Badug oleh Tim Polsek Warujayeng  (istimewa)
Pemantauan debit air di Bendungan Sungai Badug oleh Tim Polsek Warujayeng (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Selama musim hujan, pantauan debit air Bendungan Sungai Badug Desa Malangsari, Kecamatan Tanjunganom, Kabupaten Nganjuk ditingkatkan oleh Polsek setempat.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya musibah banjir. Pemantauan debit akan dilakukan secara intensif terutama setelah turun hujan lebat dalam beberapa jam sesuai instruksi Polres Nganjuk.

Kapolsek Warujayeng Polres Nganjuk, Kompol Masherly Sutrisno menjelaskan, pengecekan dan pemantauan debit air sungai bendungan Badug tersebut sebagai bentuk kesiapsiagaan dan antisipasi terjadinya gangguan berupa bencana alam.

"Tentunya dengan kewaspadaan yang baik maka terjadinya musibah bencana alam yang tidak kita inginkan bisa diantisipasi sejak dini," kata Masherly didampingi Kasi Humas Polres Nganjuk, Iptu Supriyanto, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: KTNA Desak Peredaran Pupuk Bersubsidi Ilegal di Madiun Ditindak

Dijelaskan Masherly, kekhawatiran saat turun hujan deras di wilayah Kecamatan Tanjunganom maupun di daerah hulu sungai di Gunung Wilis. Kemudian dapat meningkatkan debit air yang berujung meluapnya air atau jebolnya tanggul dan berakibat banjir.

Untuk itu, petugas telah diperintahkan terus intensif mewaspadai kondisi hujan dengan intensitas tinggi dan lama.

Selain itu, ungkap Masherly, petugas patroli juga memberikan imbauan kepada warga baik yang tinggal maupun sedang beraktivitas di sekitar sungai dan Bendungan Badug, agar selalu waspada dan tanggap. Jika sewaktu-waktu terjadi hujan lebat atau peristiwa alam lainnya yang berpotensi berakibat bencana.
 
Baca Juga: Diduga Minum Obat Hama, Buruh Tani di Kunjang Tewas: Izinnya Mau Mengairi Sawah

"Termasuk pengguna jalan yang juga kami ingatkan agar selalu berhati-hati saat berkendara di jalan ketika hujan lebat maupun angin kencang. Sebaiknya istirahat dulu dan cari tempat yang aman untuk menghindari kecelakaan karena jalan licin maupun pohon tumbang," tutur Masherly. 

Reporter : Inna Dewi Fatimah
Editor Achmad Saichu

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X