• Senin, 23 Mei 2022

Satlantas Datangi Sejumlah Toko Variasi di Ponorogo, Awas..!, Salahgunakan Lampu Strobo Bakal Ditindak

- Selasa, 25 Januari 2022 | 17:21 WIB
Anggota Satlantas Polres Ponorogo saat melakukan sosialisasi kepada toko variasi (ist)
Anggota Satlantas Polres Ponorogo saat melakukan sosialisasi kepada toko variasi (ist)

Ponorogo, koranmemo.com - Satlantas Polres Ponorogo sosialisasi kepada sejumlah toko variasi kendaraan roda empat (R4) dan roda dua (R2).

Sosialisasi yang dilakukan Satlantas Polres Ponorogo berupa larangan pemasangan strobo pada kendaraan umum roda empat dan roda dua.

Pelarangan pemasangan lampu strobo itu sesuai denagn Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, terkait pemasangan lampu strobo pada kendaraan umum R4 dan R2 dilarang.

"Alasan pertama jelas tidak bisa dibantah, karena penggunaan lampu strobo sudah diatur oleh negara melalui Undang-undang," kata Kasat Lantas Polres Ponorogo, AKP Ayip Rizal, Selasa (25/1/2022).

Baca Juga: Apes, Dua Pelajar di Kota Blitar Ditipu, Motor dan Ponsel Amblas

Ayip merinci undang-undang tersebut mengatur bahwa terdapat tiga jenis lampu strobo yang penggunaannya terbatas.

Pertama, lampu isyarat warna biru dan sirene yang berbunyi, terbatas penggunaannya untuk kendaraan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI).

Kedua, lampu isyarat warna merah dan sirene yang berbunyi, terbatas penggunaannya untuk mobil jenazah, mobil tahanan, pengawalan Tentara Nasional Indonesia (TNI), pemadam kebakaran, ambulans, serta Palang Merah Indonesia (PMI).

Ketiga, lampu isyarat warna kuning tanpa sirene yang berbunyi, penggunaannya terbatas untuk pembersihan fasilitas umum, menderek kendaraan dan angkutan mogok di tengah jalan, perawatan dan pembersihan jalan tol, pengawasan sarana dan prasarana Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ), serta kendaraan dan angkutan barang khusus.

Baca Juga: Bus Perintis DAMRI Berhenti Beroperasi, Berikut Trayek dan Jadwalnya dari Ponorogo

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Perbaiki Lampu, Pelajar di Ponorogo Tewas

Selasa, 17 Mei 2022 | 11:35 WIB
X