Tahun 2022, Kadin Kota Batu Ajak Fokus Tingkatkan UMKM, Pariwisata dan Pertanian

- Rabu, 26 Januari 2022 | 12:33 WIB
Ketua kadin Kota Batu, H Endro Wahyu. (Arief/memo)
Ketua kadin Kota Batu, H Endro Wahyu. (Arief/memo)

Batu, koranmemo.com - Kamar Dagang Dan Industri (Kadin) mulai melakukan terobosan dan bergerak mengajak pergerakan ekonomi di Kota Batu agar tahun 2022 ini bisa segera pulih dan stabil.

Untuk menumbuhkan ekonomi tersebut, Kadin Kota Batu sudah memproyeksikan 3 hal dan sektor yang akan dikembangkan di Kota Wisata Batu antara lain Pariwisata, Pertanian dan UMKM.

H Endro Wahyo Ketua Kadin Kota Batu, menjelaskan pada tahun 2022 ini pihaknya akan memaksimalkan kemajuan di 3 sektor tersebut.

" Kami yakin dengan 3 sektor tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan merupakan potensi dari Kota Batu. Selain itu, pihaknya juga ingin memajukan perwujudan Desa Berdaya Kota Berjaya dari pemerintah," jelasnya,Rabu (26/01).

Selain memaksimalkan sektor tersebut yang diyakini bisa memulihkan ekonomi di Kota Batu di Tahun 2022 ini,pihak Kadin juga telah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) .

Baca Juga: 2 PMI Kabupaten Kediri dari Malaysia Wajib Karantina

" Kadin Jatim telah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) untuk membuat Rumah Kurasi di masing-masing karesidenan BI di Jatim, salah satunya Malang Raya. Tujuannya untuk mengkurasi UMKM di Malang Raya, baik itu makanan atau non-makanan,” urainya.

Selain itu, dalam rumah kurasi juga diadakan pelatihan. Sudah ada 35 peserta yang masing-masing daerah mengirimkan 4 hingga 7 anggota.

“Rencana, Kamis (27/01) akan digelar ujian untuk pelaku UMKM dan akan diberikan sertifikat sebagai kurator UMKM,” imbuhnya.

Disisi lain, Kadin Kota Batu juga konsisten menguatkan sektor pertanian melalui progtam ‘Agro Solution’. Berbagai peningkatan kinerja sejumlah komoditas, mulai dari produksi padi, jagung, tebu hingga berbagai komoditas perkebunan seperti kopi dan coklat. Serta Menjalin kerjasama dengan Petrokimia Gresik.

“Kami lakukan proses pendampingan langsung ke petani. Seperti petani yang memiliki lahan 1000 meter, kita akan turun di lahan itu dan memberi pendampingan, mulai dari bibit, uji tanah, proses penanaman dah pupuk, panen, hingga ke pemasarannya juga. Semua kita dampingi secara menyeluruh,” beber Heri.

Baca Juga: Komisi IV Berharap PTM 100 Persen Perlu Kesiapan Matang

Dari pihak Petrokimia akan membantu untuk meneliti kontur tanahnya.

Dengan program-program yang dijalankan tersebut, pihaknya berharap bisa lebih memajukan Pariwisata di Kota Batu.

“Dikarenakan pandemi ini, pajak terus berjalan sedangkan para pengiat usaha minim pemasukan. Sehingga kami berusaha membantu agar bisa stabil kembali,” tutup Heri Maskur.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X