Puluhan Balon Udara Disita Polres Trenggalek, Tanpa Tersangka?

- Senin, 9 Mei 2022 | 18:32 WIB
Petugas menyita balon udara di Kabupaten Trenggalek. (angga/memo)
Petugas menyita balon udara di Kabupaten Trenggalek. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Puluhan balon udara siap terbang disita jajaran Kepolisian Resort Trenggalek. Balon udara itu disita dari berbagai tempat.

Setidaknya ada sekitar 23 balon udara yang berhasil digagalterbangkan oleh pihak kepolisian.

“Balon itu disita saat perayaan hari lebaran ketupat. Puluhan balon yang berukuran dengan rata-rata tinggi sekitar 15 meter dan lebar sekitar 10 meter disita saat akan diterbangkan maupun ditemukan mendarat,” kata Kabagops Polres Trenggalek, Kompol Jimmy Heryanto, Senin (9/5).

Pihaknya menegaskan tentang larangan penerbangan balon udara karena menyebabkan dampak buruk selain mengganggu penerbangan juga memicu terjadinya kebakaran.

Baca Juga: Ganggu Pengguna Jalan, Satpol-PP Jaring Belasan Gepeng di Traffic Light Jombang

Dampak buruk yang ditimbulkan lainnya adalah bisa memicu terjadinya kerusakan instalasi kelistrikan jika balon yang diterbangkan tersebut mendarat di saluran udara tegangan tinggi.

“Dampak yang dihasilkan dari penerbangan balon udara ini berbahaya. Salah satunya dapat mengganggu penerbangan, jika balon udara masuk ke dalam mesin pesawat. Kemudian merusak jaringan listrik hingga memicu terjadinya kebakaran jika mendarat di titik tertentu,” imbuhnya.

Kabagops menambahkan, sebanyak 23 balon udara itu akan dimusnahkan. Pihaknya bakal mengedepankan langkah persuasif hingga represif untuk memberikan efek jera.

Sebab, merujuk ketentuan, pelepasan balon udara tanpa izin akan mendapatkan ancaman hukuman pidana Undang-undang Penerbangan Nomor 1 tahun 2009 pasal 421 ayat (2) sebagaimana dimaksud dalam pasal 210 yang ancaman hukumannya maksimal 3 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar.

Baca Juga: Setelah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri Kasus Covid-19 di Kota Kediri Landai, Kasus Aktif Satu Orang

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X