Kasus Hepatitis Misterius Belum Ditemukan di Trenggalek

- Selasa, 10 Mei 2022 | 13:34 WIB
Ilustrasi: Hepatitis Akut akibat Virus Adenovirus serang banyak anak di beberapa Negara
Ilustrasi: Hepatitis Akut akibat Virus Adenovirus serang banyak anak di beberapa Negara

Trenggalek, koranmemo.com - Kasus Hepatitis misterius seperti yang terjadi di sejumlah daerah belum ditemukan di Kabupaten Trenggalek.

Kendati demikian, masyarakat diimbau untuk waspada dan segera melaporkan jika menemukan adanya tanda-tanda penyakit yang menjadi sorotan nasional itu.

“Sampai sekarang masih kosong dan mudah-mudahan kosong terus. Meski demikian masyarakat dan fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Trenggalek diminta untuk waspada dan melaporkan apabila ada gejala kasus serupa itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Saeroni, Selasa (10/5).

Baca Juga: Olah TKP Pasar Ngadiluwih,Tim Labfor Polda Jatim Amankan Barang Bukti

Pihaknya, kata Saeroni, mengantisipasi risiko temuan kasus itu dengan mengirimkan surat edaran ke seluruh Puskesmas yang ada di Bumi Menak Sopal.

Inti dari surat edaran itu adalah meminta petugas kesehatan di tingkat puskesmas untuk lebih waspada terhadap gejala-gejala penyakit yang belum diketahui etiologinya, yang menyerang anak-anak tersebut.

“Jadi apabila ada warga yang mengalami tanda-tanda atau gejala yang dicurigai Hepatitis akut misterius itu akan langsung dilaporkan agar cepat bisa ditangani lebih lanjut,” imbuhnya.

Baca Juga: DPMPTSP Magetan Sebut Izin Operasional 6 Karaoke Kedaluwarsa

Selain peran petugas kesehatan, pihaknya juga meminta kepada masyarakat untuk tanggap dengan tanda-tanda Hepatitis akut. Tanda-tanda atau gejala itu antara lain adalah mual, muntah, sakit perut, diare dan terkadang disertai demam ringan.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X