• Senin, 8 Agustus 2022

Pola Hidup Bersih dan Sehat, Inilah Ajakan dari RSUD Kabupaten Nganjuk untuk Menghindari Hepatitis Akut

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:25 WIB
Dr. Sunyoto Cipto Atmojo, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Nganjuk. (istimewa)
Dr. Sunyoto Cipto Atmojo, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Nganjuk. (istimewa)

Nganjuk, koranmemo.com - Menindaklanjuti Surat Edaran (SE) Kementrian Kesehatan (Kemenkes) tentang kewaspadaan terhadap penemuan kasus hepatitis akut yang tidak diketahui etiologinya (acute hepatitis unknown aetiology), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Nganjuk mendukung penuh terkait kewaspadaan tersebut.

Menurut sistem manajerial bidang pelayanan rumah sakit, langkah yang diambil sesuai acuan SE dari Kemenkes dan meneruskan ke seluruh bidang rumah sakit serta edukasi kepada masyarakat.

“Langkah awal dalam penanganan ini yang terpenting adalah perlunya kesadaran masyarakat terhadap gejala yang dirasakan di dalam tubuh. Setelah itu, apabila ada keluhan segera mengunjungi Fasilitas Layanan Kesehatan (Fasyankes) terdekat,” jelas dr. Sunyoto Cipto Atmojo, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Nganjuk.

Baca Juga: Drawing Perempat Final Piala Uber, Indonesia Jumpa China

Secara umum, kisaran kasus terjadi pada anak usia satu bulan sampai dengan 16 tahun dengan gejala awal mual, muntah, sakit perut, diare disertai demam ringan.

Selanjutnya, gejala akan semakin berat seperti air kencing berwarna pekat seperti teh dan buang air besar berwarna putih pucat.

Pemeriksaan laboratorium telah dilakukan dan virus hepatitis tipe A, B, C, D dan E tidak ditemukan sebagai penyebab dari penyakit tersebut.

Dokter Cipto meyakini bahwa hepatitis akut ini bisa dicegah sejak dini apabila masyarakat menjalankan serius Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Baca Juga: Selama Operasi Ketupat, Angka Lakalantas di Ponorogo Naik 300 Persen, Mayoritas Korban Berstatus Pelajar

Dia juga menjelaskan bahwa kemungkinan penularan adalah melalui bekas alat makan seseorang yang mengalami hepatitis akut atau bisa dikatakan yang melakukan kontak erat.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rumpun Bambu di Warujayeng Dilalap Jago Merah

Rabu, 3 Agustus 2022 | 11:42 WIB
X