• Kamis, 7 Juli 2022

Trenggalek Mitigasi Penyebaran PMK Hewan Ternak

- Kamis, 12 Mei 2022 | 13:28 WIB
Petugas saat melakukan pengecekan (angga/memo)
Petugas saat melakukan pengecekan (angga/memo)

 

Trenggalek, koranmemo.com-Mitigasi untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Trenggalek terus dilakukan.

Antisipasi itu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin di area pasar hewan. Meskipun belum ada kasus konfirmasi PMK, namun Pemerintah Kabupaten Trenggalek terus meningkatkan kewaspadaan.

“Hasil pengecekan belum ada hewan yang terinfeksi PMK. Semua hewan dalam keadaan sehat. Kewaspadaan PMK tidak hanya untuk sapi, tapi juga hewan ternak lain seperti kambing dan domba,” kata Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Trenggalek, Nur Kholiq usai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan di Pasar Dermosari Kecamatan Tugu.

Baca Juga: Tinggal Pilih, Berikut 10 Link Twibbon untuk Merayakan Hari Perawat Internasional

Pemeriksaan kesehatan hewan untuk mencegah adanya infeksi penyakit yang jadi sorotan nasional itu dilakukan secara menyeluruh.

Satu persatu hewan yang ada di pasar itu diperiksa, mulai dari bagian mulut hingga kaki hewan. Selain melakukan pemeriksaan, para pedagang maupun penjual yang ada di pasar juga diajari tentang tata cara pemeriksaan pada hewan yang akan dijual maupun dibeli.

“Para pembeli agar mengecek mulut dan kakinya sebelum di beli, apakah ada gejala PMK atau tidak. Jika terdapat gejala PMK harap segera melapor,” imbuhnya.

Baca Juga: DPKP Kota Batu Pastikan Wabah PMK Tak Bahaya Bagi Manusia

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya penyakit itu. Untuk sementara waktu, pihaknya mengimbau agar masyarakat menghindari transaksi jual beli hewan dari daerah yang dilaporkan sudah terkonfirmasi adanya PMK pada hewan ternak.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X