• Sabtu, 21 Mei 2022

Khawatir Virus PMK Menular ke Tulungagung, Hewan Ternak dari Daerah Suspek Dilarang Masuk Pasar Hewan Terpadu

- Kamis, 12 Mei 2022 | 17:20 WIB
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung, Mulyanto saat memantau hewan ternak di PHT Tulungagung. (isal/memo)
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung, Mulyanto saat memantau hewan ternak di PHT Tulungagung. (isal/memo)

Tulungagung, koranmemo.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) yang lagi merebak di Jawa Timur (Jatim), menghantui sejumlah peternak di Tulungagung.

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Tulungagung pun melarang hewan dari daerah suspek dan outbreak masuk ke Tulungagung, utamanya Pasar Hewan Terpadu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Tulungagung, Mulyanto mengatakan, setelah adanya outbreak PMK di beberapa wilayah Jatim, langsung meningkatan kewaspadaan.

Baca Juga: Ambil Ranjauan Narkoba di Watudandang, 2 Pengedar Disergap Polisi

Pihaknya menyasar Pasar Hewan Terpadu (PHT) Tulungagung yang merupakan lokasi berkumpulnya seluruh hewan dari berbagai daerah.

"Peningkatan kewaspadaan kami lakukan dengan sterilisasi penyemprotan disinfeksi mulai dari kendaraan dan hewan yang diangkut," kata Mulyanto, Kamis (12/5).

Dijelaskannya, penyemprotan tersebut agar hewan ternak yang masuk ke PHT Tulungagung terhindar dari virus utamanya virus PMK.

Baca Juga: Wagub Jatim Imbau Peternak Tak Khawatir Wabah PMK, Pengobatan Sedang Menjadi Fokus Pemerintah

Pihaknya juga melakukan pengamatan maupun pengetatan terhadap setiap hewan yang masuk ke PHT Tulungagung.

Dia telah melarang hewan ternak dari daerah outbreak dan suspek yang hendak masuk ke Tulungagung.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X