Tekan Lakalantas, Ini Upaya Kasatlantas Polres Ponorogo

- Jumat, 13 Mei 2022 | 15:38 WIB
Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal
Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal

Ponorogo, koranmemo.com - Tingginya angka kasus kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di jalan raya, terutama yang melibatkan kalangan pelajar menjadi keprihatinan semua pihak.

Dari data di Satlantas Polres Ponorogo, selama rentang bulan Januari hingga April tahun 2022 sedikitnya ada 155 kejadian Lakalantas. Angka tersebut mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2021 sebanyak 247 kejadian.

"Upaya kami mulai dari sosialiasi ke sekolah, klub motor juga memasang banner daerah rawan kecelakaan, harapannya agar tak terjadi laka lantas," tutur Kasatlantas Polres Ponorogo AKP Ayip Rizal kepada wartawan, Jumat (13/5/2022).

Baca Juga: Rapat Persiapan Gugus Tugas Reforma Agraria 2022

Dari data tersebut Ayip menyebutkan sudah ada grafik penurunan setiap tahunnya. Hal ini tentu dibarengi dengan semakin tingginya kesadaran berlalu lintas di masyarakat

"Artinya upaya kami berhasil sehingga korban laka ini semakin menurun tiap tahun," imbuh Ayip.

Tak hanya itu, dirinya kini juga gencar membuat video edukasi tentang keselamatan berlalulintas kepada masyarakat. Hal ini dinilai efektif memberikan pesan kepada milenial agar lebih berhati-hati saat berkendara.

"Misal kendaraan tak sesuai spesifikasi teknis, kalau kena musibah kecelakaan. Yang rugi siapa? Anak itu sendiri dan juga orang tua. Pesan seperti itu sering saya sampaikan," tandas Ayip.

Baca Juga: Polres Batu Siapkan Posko Laporan dan Penanganan PMK

Saat terjadi kasus tabrak lari, lanjut Ayip, petugas berupaya terus mengungkap kasus. Mulai dari mengumpulkan keterangan masyarakat hingga pengecekan CCTV. Pihaknya pun berhasil mengungkap kasus tabrak lari sebanyak 2 kasus periode Januari hingga Maret 2022.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ponorogo Dapat Jatah 8.000 Dosis Vaksin PMK

Sabtu, 25 Juni 2022 | 12:19 WIB
X