• Sabtu, 21 Mei 2022

Pemkot Batu Siapkan Dua Desa Ikuti Lomba Desa Cantik

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 11:34 WIB
Pemilihan desa di Kota Batu yang akan diikutkan lomba desa cantik. (ist)
Pemilihan desa di Kota Batu yang akan diikutkan lomba desa cantik. (ist)

Batu,koranmemo.com - Setelah Desa Pesangrahan Kecamatan Kota,Kota Batu terpilih menjadi 10 desa di terbaik di Tahun 2021.

Pemerintah Kota Batu di tahun ini bakal mengirimkan dua desa untuk menjadi wakil dalam program Desa Cinta Statistik (Desa Cantik).

Seperti yang disampaikan Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto. Dikatakan, dua desa yang bakal diikutkan dalam program Desa Cantik adalah Desa Giripurno dan Desa Torongrejo.

Setelah sebelumnya tahun 2021, Pemkot Batu mengirimkan tiga perwakilan desa dan bersaing dengan ratusan desa/kelurahan di Indonesia.

Baca Juga: Pemkot Batu Waspadai Penyebaran Kasus Hepatitis Akut

Selain itu, Diskominfo dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batu akan menyiapkan dua desa untuk ikut dalam tahun ini. Persiapan yang akan dilakukan dengan melakukan pembinaan terhadap dua desa tersebut.

“Untuk tahun ini kami menunjuk Desa Giripurno dan Desa Torongrejo ikut dalam program Desa Cantik. Dipilihnya dua desa tersebut karena beberapa kriteria. Pertama kemauan dari Pemdes, sarpras yang memenuhi dan Kepala Desa memang visioner untuk menuju digitalisasi data,” ujar Onny ,Sabtu (14/05).

Dikatakan, melalui program Desa Cantik ini bertujuan untuk menjadikan desa tersebut bisa mempermudah transformasi menuju digitalisasi data.

Baca Juga: Sepak Bola SEA Games: Timnas Gilas Filipina 4-0, Ini Kata Shin Tae-yong

" Sehingga desa tidak hanya melek statistik, tetapi juga memiliki pemahaman yang baik dalam memanfaatkan data desanya sendiri,” ucapnya.

Lebih lanjut, program ini juga mendukung rencana program Satu Data Indonesia (SDI) yang merupakan kebijakan tata kelola data pemerintah. Serta untuk menciptakan data berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar Instansi Pusat dan Daerah.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pedagang Kota Batu Tolak Penutupan Pasar Hewan

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:38 WIB
X