Bupati Madiun Meminta Dinas Kesehatan Preventif Menghadapi Hepatitis Akut Misterius

- Senin, 16 Mei 2022 | 18:26 WIB
Bupati Madiun Ahmad Dawami.
Bupati Madiun Ahmad Dawami.

 

Madiun, koranmemo.com - Bupati Madiun Ahmad Dawami minta Dinas Kesehatan melakukan tindakan preventif kepada masyarakat melalui sosialisasi dan kampanye mengantisipasi kemunculan penyakit hepatitis akut misterius yang telah dinyatakan WHO sebagai kasus luar biasa. 

"Dinas Kesehatan bersama puskesmas dan rumah sakit yang pertama kali harus menentukan bagaimana antisipasi preventif yang benar-benar ada output baik pemahaman di masyarakat ataupun teknik pencegahan lainnya," ungkapnya.

Menurutnya, edukasi terhadap masyarakat harus tersampaikan secara tepat agar mewaspadai jika timbul gejala pada diri masing-masing atau orang sekitar harus segera dilakukan pemeriksaan dan penanganan awal.

Baca Juga: Diduga Edarkan Uang Palsu, Warga Malang dan Lamongan Ditangkap Polres Tulungagung

Lantaran jika diabaikan, jenis penyakit tersebut bisa menyebabkan akibat yang fatal hingga berujung pada kematian. 

"Rata-rata sudah vaksin hepatitis B, tapi ini diluar hepatitis varian yang ada tersebut," ujarnya. 

Hepatitis misterius sangat berpotensi menyerang anak usia 16 tahun ke bawah. Namun, tidak menutup kemungkinan juga menyerang pada usia dewasa. Sehingga kewaspadaan harus ada pada semua masyarakat. 

Mulai dari mengamati gejala penyakit yang timbul, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, tidak bertukar alat pribadi secara bergantian serta memastikan makanan yang dikonsumsi dalam keadaan bersih dan benar-benar dimasak sampai matang.

Baca Juga: Latihan Persik Kediri Langsung Tingkatkan Fisik dan Teknik, Dirut Persik Kediri: Terbuka unutuk Umum

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X