• Kamis, 7 Juli 2022

Mitigasi PMK, Polisi Trenggalek Cek Kesehatan Hewan di Kandang Ternak Milik Warga

- Selasa, 17 Mei 2022 | 16:44 WIB
Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak warga. (angga/memo)
Petugas saat melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak warga. (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com - Upaya mitigasi penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Kabupaten Trenggalek terus dimaksimalkan.

Tak hanya menggelar pemeriksaan mendadak pada pasar hewan, pemeriksaan hewan ternak di kandang milik warga terkait PMK juga dilakukan. Upaya itu untuk meminimalisir risiko penularan.

“Pengecekan kesehatan hewan ternak dilaksanakan di pasar hewan, kemudian pemeriksaan kesehatan hewan juga dilakukan di kandang sapi milik warga,” kata Kasi Humas Polres Trenggalek, Iptu Suswanto, Selasa (17/5).

Selain memeriksa di daerah pasar yang dilakukan oleh petugas gabungan dari Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Trenggalek juga memeriksa hewan ternak di kandang milik warga.

Baca Juga: Meski Ada Temuan PMK Pasar Hewan Tak Ditutup, Bupati Ponorogo: Khawatir Perekonomian Lumpuh

Kondisi kesehatan hewan ternak itu diperiksa satu persatu. Mulai dari kondisi tubuh, kaki, mulut serta gejala-gejala PMK. Ada lebih dari 100 hewan ternak yang telah diperiksa.

“Berdasarkan hasil pengecekan tidak ditemukan hewan ternak yang terjangkit PMK,” imbuhnya.

Selain melakukan pemeriksaan, tim Satuan Tugas Pangan Polres Trenggalek juga melakukan sosialisasi terkait gejala PMK dan cara menanganinya.

Gejala itu diantaranya adalah suhu tinggi, mulut berlendir, hidung melepuh, nafsu makan berkurang, kaki pincang, luka pada kuku dan nafas memburu.

“Jika mengetahui hal itu langkah awal yang bisa dilakukan adalah segera lakukan pemisahan hewan ternak yang sakit dengan sehat, gunakan APD saat memegang hewan ternak yang sakit untuk menghindari penularan pada hewan ternak yang sehat,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X