• Jumat, 30 September 2022

Cegah Hepatitis Pada Anak, Ini Saran Dinkes Kabupaten Kediri

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:54 WIB
Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib (Bakti/memo)
Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib (Bakti/memo)

 


Kediri, koranmemo.com-Penyakit hepatitis akut misterius hingga saat ini belum ditemukan di Kabupaten Kediri. Penyakit ini lebih banyak menyerang pada anak, dengan ciri-ciri mual, muntah, demam, pucat, nyeri perut, pinggang dan sendiri, urine warna gelap, berat badan turun dan mata serta kulit kekuningan.

Penularan virus ini bisa melalui tempat makan, pakaian dan jarum suntik bekas pakai orang terpapar Hepatitis.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib menyampaikan, penularan melalui tempat makan ini yang harus dicegah. Perlu kiranya guru, orang tua dan murid sama - sama mengetahui agar jangan bertukar piring, gelas dan sendok dalam kegiatan makan sehari hari. Terlebih dengan orang yang terpapar Hepatitis.Penularan virus pada anak akan lebih cepat.

Baca Juga: Lowongan Kerja di Kediri, CV Jago Niaga Butuh Karyawan dan karyawati, Ini Kualifikasinya

"Ada baiknya tempat makan miliki sendiri, disimpan sendiri dan tidak bertukar-tukar dengan lainya sekalipun satu rumah.Tentunya ini akan aman dan tidak ada resiko hepatitis. Lebih aman piring tempat makan dicuci dengan sabun di air mengalir, " katanya.

Ditambahkan Khatib salah satu penyebab Hepatitis cepat menular adalah adanya kontak langsung dengan penderita utamanya melalui makanan dan minuman.

Untuk nenghindari virus ini dengan mengedepankan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan tidak mengkonsumsi makanan sembarangan.

Baca Juga: Lanud Iswahjudi Gelar Patroli Balon Udara di Ponorogo, Ini Hasilnya

"Dinkes edukasi dan sosialisasi pencegahan yang ke sekolah, pemerintah Desa dan orang tua berkelanjutan. Dengan maksud mereka memahami adanya penyakit ini sebagai hal yang serius dan rawan menyerang anak anak, " imbuhnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BIAN, Lebih dari 98 Persen Anak Sudah Terima Imunisasi

Kamis, 29 September 2022 | 20:28 WIB

BI Berharap Koran Memo Tetap Berikan Informasi Terbaik

Kamis, 29 September 2022 | 17:46 WIB
X