• Kamis, 7 Juli 2022

Curi Kayu Sono di Hutan Lindung Ponorogo, Dua Warga Madiun Diancam 5 Tahun Penjara

- Kamis, 19 Mei 2022 | 11:45 WIB
Barang bukti kayu sonokeling yang berhasil diamankan petugas
Barang bukti kayu sonokeling yang berhasil diamankan petugas

 

Ponorogo, koranmemo.com - Satreskrim Polres Ponorogo berhasil menangkap komplotan pencuri kayu di hutan lindung milik perhutani yang berada di wilayah kecamatan Sukorejo. 

Dalam aksinya kawanan yang berjumlah dua orang tersebut mengincar kayu jenis sonokeling, karena memiliki harga jual yang lumayan tinggi.

IPDA Guling Sunaka, Kanit Pidum Satreskrim Polres Ponorogo mengatakan bahwa awal penangkapan terhadap pelaku berawal dari informasi masyarakat tentang adanya kegiatan penebangan kayu di tengah hutan pada dini hari. 

"Jadi ada informasi terkait adanya sekelompok orang mengangkut kayu dari hutan, kemudian kita lakukan penyelidikan kita berhasil mengamankan pelaku," ungkap Guling, Kamis (19/5/2022)

Baca Juga: Pulihkan Ekonomi Pasca Pandemi, Pemkot Kediri Berikan Bimtek SIInas Bagi IKM

Guling menambahkan bahwa para pelaku merupakan warga Kecamatan Dagangan Kabupaten Madiun bernisial P (36) dan S (35). Dari hasil pengakuan para pelaku mereka baru pertama kali melakukan ilegal loging di hutan lindung.

"Pelaku sebenarnya ada 5 orang namun, yang berhasil kita amankan 2 orang dan sisanya masih buron," lanjutnya. 

Dari kedua tangan pelaku Polisi berhasil mengamankan barang bukti sebanyak tujuh batang kayu sonokeling yang memiliki diameter sekitar 50-70 cm, serta mobil pick up yang digunakan untuk mengangkut kayu tersebut.

"Para pelaku sudah kita tahan di Mapolres Ponorogo untuk dilakukan pengembangan, termasuk memburu ketiga pelaku lainnya," tandasnya. 

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Terkini

X