• Senin, 8 Agustus 2022

Antisipasi Pasien Hepatitis, Dinkes Kabupaten Kediri Siapkan Dua RS

- Kamis, 19 Mei 2022 | 13:55 WIB
Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib. (bakti/memo)
Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib. (bakti/memo)

Kediri, koranmemo.com - Upaya penanganan dan pencegahan Virus Hepatitis Akut Misterius disikapi serius Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri.

Sekalipun di Kabupaten Kediri nol kasus hepatitis ini, sebagai antisipasi virus ini pada anak, Dinkes menyiapkan dua rumah sakit (RS) yakni RSUD SLG dan RSKK di Pelem Pare.

Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr Ahmad Khatib menjelaskan, pihaknya merasa perlu dan penting menyiapkan ruangan di dua rumah sakit tersebut.

Jika sewaktu waktu ada pasien anak positif Hepatitis langsung dikirim ke RS tersebut untuk perawatan dan pemeriksaan intensif.

Baca Juga: Pedagang Kota Batu Tolak Penutupan Pasar Hewan

Baca Juga: PT Astra Honda Motor Membuka Lowongan Kerja untuk Mengisi Posisi Sales Area Supervisor, Ini Syaratnya

" Saat ini Kabupaten Kediri nol kasus terkait Hepatitis akut .Meski nol kasus kita waspada jika sewaktu waktu ada kasus hepatitis.Kita siapkan ruangan dengan dokter dan tenaga medis ahli di bbidangnya," katanya.

Khatib menambahkan, respon cepat dinkes sebagai bentuk upaya mencegah kasus hepatitis tidak terjadi pada anak di Kabupaten Kediri. Sinergi dengan puskesmas hingga perangkat desa untuk deteksi dini memantau warga atau anak yang tergejala hepatitis dan mengambil tindakan jika penyakit ini muncul.

" Kita berharap Puskesmas Puskesmas yang ada cepat melapor jika ada temuan kasus seperti ini. Kita juga minta ke masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat tetap (PHBS) tetap dijalankan," imbuhnya.

Reporter Bakti Wijayanto
Editor Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu Kurikulum Merdeka Belajar? Ini Penjelasannya

Minggu, 7 Agustus 2022 | 18:47 WIB
X