• Kamis, 7 Juli 2022

Wali Kota Batu Perbolehkan Pedagang Hewan Kurban Berjualan

- Kamis, 19 Mei 2022 | 14:32 WIB
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Arief/memo)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. (Arief/memo)

Batu,koranmemo.com - Menjelang Idul Adha yang jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 ini,Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko memperbolehkan pedagang untuk berjualan namun yang perlu diingat khusus pedagang hewan yang berasal dari Kota Batu.

Selain itu hewan yang telah dibeli disarankan untuk langsung disembelih, tidak dibawa atau dirawat di kandang.

"Idul Adha nanti, boleh ada transaksi asal tidak masuk kandang pedagang. Tetap boleh jualan dengan syarat diperiksa oleh dinas terkait," terangnya.

Menurutnya hal ini diharapkan para pedagang bisa mengerti kondisi saat ini. Saat ini, sudah tercatat dua hewan mati akibat penyakit mulut dan kuku (PMK).

Baca Juga: Sambut Harkitnas, Situs Persada Soekarno di Ndalem Pojok Gelar Doa Bersama

Baca Juga: Antisipasi Pasien Hepatitis, Dinkes Kabupaten Kediri Siapkan Dua RS

Pemkot Batu, dikatakan Wali Kota Dewanti, telah menjalin kerja sama dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Islam Malang untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak.

"Saat ini pun kami sudah memeriksa kondisi kesehatan hewan. Untuk Idul Adha, akan dilakukan mendekati Lebaran Kurban itu. Jika hewannya sehat, maka boleh masuk Kota Batu," ujarnya.

Saat ini, Pemkot Batu getol melakukan disinfeksi dan pemberian vitamin kepada hewan. PMK tidak bisa diobati, namun bisa diminimalisir .

Reporter : Arief Juli Prabowo
Editor Achmad Saichu

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X