Pemkot Blitar Matangkan Jalan Ir Soekarno, Dibangun Seperti Malioboro Yogyakarta

- Kamis, 19 Mei 2022 | 20:19 WIB
Sekda Priyo Suhartono
Sekda Priyo Suhartono

Blitar, koranmemo.com - Jalan Ir Soekarno Blitar bakal dipercantik lagi. Jalan menuju Makam Bung Karno itu bakal dibangun pedestrian seperti Malioboro di Yogyakarta.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Kota Blitar Priyo Suhartono. Dia menjelaskan rencana untuk pembangunan pedestrian kini masih dalam pembahasan. Utamanya soal analisa positif dan negatifnya jika dibangun pedestrian.

"Alasan utama pembangunannya karena lokasi Jalan Ir Soekarno akses menuju MBK. Tentu akan menambah khasanah wisata juga nantinya," kata Priyo Suhartono, Kamis (19/5).

Dia mengatakan ada beberapa hal yang nantinya berdampak jika pedestrian dibangun. Pertama menghilangkan media jalan tengah yang saat ini ada tamannya. Jika dihilangkan tentu akan menambah lebar jalan. Sementara jika tetap dipertahankan, mau tidak mau harus memperlebar sisi kanan trotoar.

Baca Juga: Cerita Insyafnya Diduga Penganut Aliran Sesat di Pasuruan, Sempat Melakukan Kegiatan di Bekas Warung

"Nanti akan dilihat di lapangan kajiannya. Karena selama ini ada median di tengah jalan yang menjadi pemisah dua jalur,"; jelasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Blitar Suharyono mengatakan rencana pembangunan pedestrian terus dimatangkan.

Salah satu yang paling utama kebutuhan dananya. Karena pembangunannya cukup panjang lokasinya. Jika dikalkulasi bisa jadi menelan anggaran Rp 10 miliar, bahkan bisa lebih.

"Tergantung hasil kajiannya. Karena banyak yang harus disiapkan," katanya.

Pembangunan pedestrian di Jalan Ir Soekarno semakin menambah daftar rencana Pemkot Blitar menjadikan Kota Blitar semakin menarik.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Syarat Pendaftaran Pemantau Pemilu

Senin, 4 Juli 2022 | 13:13 WIB

Enam Bulan Temukan 60 Kasus DBD, 1 Meninggal

Kamis, 30 Juni 2022 | 14:50 WIB
X