• Kamis, 7 Juli 2022

Peringati Hari Kebangkitan Nasional,Ini Pesan Wali Kota Batu

- Jumat, 20 Mei 2022 | 11:15 WIB
foto-batu-kota-Pelaksanaan upacara Harkitnas.(Arief/memo)
foto-batu-kota-Pelaksanaan upacara Harkitnas.(Arief/memo)

Batu,koranmemo.com-Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menjadi inspektur Upacara memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-114 dengan tema "Ayo Bangkit Bersama". Upacara digelar pada Jumat (20/05) di Halaman Balaikota Among Tani Kota Batu.

Dihadiri oleh Forkompinda Kota Batu serta Kepala BNN, Kepala BPS, Kemenag, Bank Jatim dan tamu undangan. Para peserta upacara terdiri atas para Aparatur Sipil Negara (ASN), dan anggota TNI-Polri

Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko sebagai Inspektur Upacara membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate menyampaikan hari bangkitnya nasionalisme Indonesia ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 20 Mei 1948 dimana dimasa itu terdapat perpecahan antar golongan dan ideologi di tengah perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan dari Belanda yang ingin kembali berkuasa.

Baca Juga: Lowongan Kerja Wilayah Kediri, Akgil Swalayan Butuh Karyawati Ini Kriteria dan Syaratnya

Sehingga semangat persatuan yang digagas oleh Boedi Oetomo diharapkan menjadi spirit dalam menghimpun kekuatan dan mencegah perpecahan bangsa.

"Semangat Boedi Oetomo masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini. Ditengah krisis pandemi Covid 19 dan konflik Ukraina – Rusia yang menyebabkan kondisi ekonomi global serta geopolitik menjadi tidak stabil, kita patut memaknai kebangkitan nasional sebagai upaya kolektif bangsa untuk memperkuat persatuan bangsa, " tandasnya.

Salah satu poin penting dalam sambutannya, Dewanti mengutip dr. Sutomo "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membikin secarik kain putih menjadi merah dan putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapapun." ungkap Dewanti

Baca Juga: Lowongan kerja Wilayah Kediri, PT. Sadar Jaya Manunggal Membutuhkan Staf Administrasi Kantor, Ini Kriterianya

Kegiatan Upacara bendera memperingati 114 Tahun Kebangkitan Nasional tahun 2022 dilaksanakan secara serentak pada hari Jumat tanggal 20 Mei 2022 oleh seluruh karyawan Kantor/Lembaga/Instansi Pemerintah dan Swasta di seluruh Indonesia, seluruh Lembaga Pendidikan di semua tingkatan baik negeri maupun swasta, Kantor Lembaga Negara, serta seluruh Kantor Perwakilan RI/Kedutaan Besar yang ada di luar negeri.

Reporter: Arief Juli Prabowo

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X