Ekskavasi Struktur Bangunan Diduga Candi, Disbudpar Tulungagung Tunggu Hasil Kajian dari BPCB Provinsi

- Jumat, 20 Mei 2022 | 19:24 WIB
Tim BPCB saat meneliti objek Arca Dwarapala dan Arca Naga. (isal/memo)
Tim BPCB saat meneliti objek Arca Dwarapala dan Arca Naga. (isal/memo)

Tulungagung, koranmemo.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tulungagung berencana mengeluarkan anggaran untuk ekskavasi di lokasi temuan objek diduga cagar budaya di Desa Podorejo Kecamatan Sumbergempol.

Namun rencana Disbudpar mengeluarkan anggaran itu masih menunggu hasi kajian dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Provinsi Jawa Timur yang telah melakukan observasi.

Kasi Pelestarian Cagar Budaya, Museum dan Purbakala, Disbudpar Kabupaten Tulungagung, Winarto mengatakan, benda yang ditemukan untuk sementara masih disimpan di gudang di sekitar lokasi. Karena, ia masih menunggu hasil kajian dari BPCB Jatim.

Baca Juga: Tubuh Hancur, Wanita Muda Tewas Mengenaskan Tertabrak KA di Malang

"Kalau ada anggarannya kita usulkan PAK, kalau tidak ada kita anggarkan tahun depan. Rencana ekskavasi jelas akan dipindah ke museum untuk dipamerkan," pungkasnya.

Hasil kajian dari BPCB akan menjadi dasar rekomendasi penanganan untuk objek tersebut. Menurut Winarto, jika rekomendasi mengatakan untuk dilakukannya ekskavasi, maka akan diusulkan melalui PAK.

Setelah itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan orang yang menemukan benda tersebut serta pemerintah desa untuk pemindahan objek dan pemberian imbalan.

Diberitakan sebelumnya, benda yang ditemukan di lokasi berupa Arca Dwarapala, Arca Naga, dan beberapa batu bata dengan relief. "Di dekat lokasi temuan terdapat gudang, sementara kita simpan disitu," kata Winarto, Jumat (20/5).

Baca Juga: Jalur Prestasi Dinas, SMPN 1 Kediri Paling Diminati

Winarto memperkirakan, temuan tersebut merupakan struktur bangunan candi. Analisa itu merujuk pada temuan Arca Dwarapala yang selalu ada pada bangunan suci seperti candi pada masa itu. "Tahun 1998 ada temuan Arca Dwarapala yang cukup besar, dan Februari 2022 lalu ada temuan Arca Dwarapala lagi. Sedangkan Arca Dwarapala biasa terdapat di candi-candi," jelasnya.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X