• Kamis, 7 Juli 2022

Fasilitasi Pelaku UMKM, Trenggalek Fashion Day Tuai Banyak Respons Positif

- Minggu, 22 Mei 2022 | 14:42 WIB
Trenggalek Fashion Day di Museum Tekstil Jakarta (angga/memo)
Trenggalek Fashion Day di Museum Tekstil Jakarta (angga/memo)

Trenggalek, koranmemo.com-Trenggalek Fashion Day yang digelar Pemerintah Kabupaten Trenggalek di Museum Tekstil Jakarta, 20-21 Mei, menuai respons positif banyak pihak. Gagasan untuk mengenalkan batik lokal hingga kearifan lokal dan potensi-potensi lainnya ke kancah nasional itu dinilai mampu mengangkat pamor Bumi Menak Sopal untuk lebih dikenal secara luas.

Kegiatan Trenggalek Fashion Day bertujuan untuk memperluas jangkauan pasar batik lokal dengan menghubungkan kepada relasi-relasi. 

Dampaknya, diharapkan batik lokal Trenggalek bisa masuk ke berbagai lapisan sehingga memperluas jangkauan pasar yang berkorelasi pada kesejahteraan pelaku UMKM. Sebab penggerak ekonomi di Trenggalek salah satunya ditopang oleh pelaku UMKM.

Baca Juga: Pembangunan Pasar Templek Dianggarkan Rp 3 Miliar

“Ini memberikan kesempatan pelaku UMKM yang kita yakin dan percaya mayoritas perempuan berkembang. Ini sangat penting, saya percaya apa yang dilakukan Ketua Dekranasda Trenggalek ini akan berdampak positif kepada kemajuan UMKM Trenggalek,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Menurut menteri yang akrab disapa Bintang Puspayoga itu, fasilitasi dan pendampingan pelaku UMKM dari hulu hingga hilir akan berdampak positif pada perkembangan sektor UMKM. Sebab, kualitas produksi dan pemasaran menjadi penentu keberlangsungan sebuah produk agar terus berkembang.

“Perkembangan sangat pesat. Saya lihat ini memang Ketua Dekranasda-nya Trenggalek memang luar biasa. Tentunya kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya karena melihat Trenggalek Fashion Day 2022 ini memberikan kesempatan UMKM untuk menemukan pasarnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Profil dan Karier Achmad Yurianto Eks Jubir Penanganan COVID-19 Uang Tutup Usia

Apresiasi serupa disampaikan oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Mantan Bupati Trenggalek itu menilai, terobosan yang dilakukan Trenggalek bakal berdampak positif karena memfasilitasi UMKM untuk bisa bertemu dengan pangsa pasar yang lebih luas. Pasalnya dalam kegiatan itu menggandeng para mitra strategis.

“Saya mengapresiasi sekali terobosan yang dilakukan Trenggalek. Jadi bukan hanya menyelenggarakan fashion show, tetapi juga menggandeng mitra dan juga stake holder strategis untuk ikut menjadi pendorong,” kata Emil.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X