• Kamis, 7 Juli 2022

Diduga Terjangkit PMK, Puluhan Sapi di Junrejo Mati Dalam Sepekan

- Minggu, 22 Mei 2022 | 17:41 WIB
Diduga Terjangkit PMK, Puluhan Sapi di Junrejo Mati Dalam Sepekan
Diduga Terjangkit PMK, Puluhan Sapi di Junrejo Mati Dalam Sepekan

Batu, koranmemo.com - Penyakit mulut dan kuku (PMK) terus menghantui para peternak khususnya sapi di Kecamatan Junrejo Kota Batu.

Kabar yang saat ini beredar di wilayah RW 07 dan RW 08 Dusun Jeding Desa Junrejo Kecamatan Junrejo Kota Batu, dalam sepekan terdapat 10 ekor sapi yang mati mendadak diduga terjangkit PMK.

Adanya kabar 10 ekor sapi di wilayah Kecamatan Junrejo mati diduga terjangkit PMK, Polres Batu langsung memerintahkan Polsek Junrejo untuk segera turun, dan gerak cepat dalam penanganan.

Baca Juga: Babinsa dan Warga Mengevakuasi Lansia Telantar dan Sakit ke Shelter Dinas Sosial Kota Madiun

Kapolsek Junrejo Junrejo AKP Anton Hendry Subagijo mengatakan sudah mendapatkan informasi tersebut, dan jajarannya langsung bertindak, mengkoordinasikan dengan Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Batu.

“Kami langsung menyampaikan ke dinas terkait, termasuk koordinasi dengan dokter hewan untuk mengetahui penyebab matinya puluhan sapi milik warga,” ucap AKP Anton, Minggu (22/5/2022).

Menurut Anton, dari data informasi yang diterima, ada 10 sapi yang mati dan 8 sapi terpaksa dipotong. Ini terjadi dalam waktu sepekan atau seminggu.

Baca Juga: Antitipasi Hepatitis Akut, Dinkes Kota Kediri Tunjuk Sejumlah Rumah Sakit sebagai Rujukan

Hingga saat ini puluhan sapi yang mati tersebut belum diketahui penyebabnya. Namun banyak kemungkinan bisa terindikasi terjangkit PMK.

Anton juga menyatakan, pihaknya memberikan imbauan kepada peternak, untuk langsung membersihkan kandang dengan menyemprot disinfektan, serta tidak melakukan mobilitas keluar dan masuknya sapi.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X