• Kamis, 7 Juli 2022

Cegah PMK, DKPP Kabupaten Kediri Rutin Bersihkan Kandang dan Semprot Disinfektan

- Senin, 23 Mei 2022 | 10:38 WIB
Kepala DKPP periksa kondisi sapi dan pekerja kandang rutin bersihkan kandang dan semprot disinfektan (bakti/memo)
Kepala DKPP periksa kondisi sapi dan pekerja kandang rutin bersihkan kandang dan semprot disinfektan (bakti/memo)

Kediri, koranmemo.com-Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Kediri semakin intens periksa hewan ternak sapi, kambing, kerbau dan domba agar tidak terpapar penyakit mulut dan kuku (PMK). 

Setiap hari Tim PTP DKPP di wilayah kecamatan maksimal pengawasan dan pemeriksaan ternak yang dipelihara oleh warga secara perorangan atau kelompok. 

Kepala DKPP Kabupaten Kediri drh Tutik Purwaningsih menjelaskan pemeriksaan harus rutin dan utamanya kebersihan kandang harus terjaga, makanan dan tempat makan sapi harus bersih. Bila perlu memandikan ternak seminggu sekali dan perlunya penyemprotan disinfektan.

Baca Juga: Micro SD Rusak Jangan Langsung Dibuang, Coba Cara Ini Jika Tidak Terbaca

"Pemeriksaan rutin berkelanjutan di mulai dari kondisi mulut, mata, kepala, kaki dan bagian tubuh lainya. Jika diketahui ada luka atau bibir sapi berlendir dan suhu panas 39 derajat celcius segera isolasi sapi tersebut dan konsultasi ke mantri hewan atau dokter hewan terdekat untuk cegah PMK," katanya. 

Tutik menambahkan saat ini jelang lebaran Idul Adha tentu peternak ingin dagangannya laris. Karenanya DKPP mengajak peternak untuk jaga kesehatan ternaknya dengan baik dan tidak mendatangkan sapi dari luar daerah.

"Alasanya sapi di Kabupaten Kediri sehat dan populasi mencukupi untuk kebutuhan Lebaran Iedul Adha 1443 hijriah," katanya.

Baca Juga: Apa Sih Perbedaan Wibu dan Otaku, Benarkah Fanatik dengan Anime dan Jepang? 

"Selain periksa sapi lokal, petugas juga periksa sapi import yang berada di corporasi peternakan sapi di lima lokasi di Kabupaten Kediri. Selain kondisi sehat sapi import tersebut bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan ternak sapi lokal. Kita berharap kondisi sapi di Kabupaten Kediri hingga akhir tahun bebas PMK, " imbuhnya. 

Reporter Bakti Wijayanto

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Idul Adha, Ini Saran DKPP dan Kemenag

Rabu, 6 Juli 2022 | 12:38 WIB
X