• Kamis, 7 Juli 2022

Sambut HUT IBI, Pemkot Kediri Berikan Pelayanan KB Gratis

- Selasa, 24 Mei 2022 | 17:03 WIB
Sambut HUT IBI, Pemkot Kediri Berikan Pelayanan KB Gratis
Sambut HUT IBI, Pemkot Kediri Berikan Pelayanan KB Gratis

Kediri, koranmemo.com - Menjelang peringatan HUT IBI ke-71 sekaligus hari Bidan Nasional tanggal 24 Juni mendatang, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Kota Kediri memberikan pelayanan gratis pemasangan KB, Selasa, (24/5).

“Bertepatan dengan momen HUT IBI ke-71 dan Hari Bidan Nasional kami bersama dengan IBI Kota Kediri dan RS DKT Kota Kediri berikan pelayanan KB gratis, bongkar pasang KB implant dan IUD,” ucap Kepala Dinas P3AP2KB Kota Kediri Sumedi, Selasa, (24/5).

Disebutkannya, pelayanan ini dilangsungkan di rumah sakit DKT dengan menyasar 50 akseptor (40 Implan dan 10 IUD) di Kota Kediri.

Baca Juga: Dibesuk Polisi, Korban Laka Lantas Tunggal di Sukomoro Menangis

“Ke 50 akseptor tersebut berasal dari 3 wilayah kecamatan di Kota Kediri yang sebelumnya telah didata oleh masing-masing kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) di masing-masing wilayah,” terangnya.

“Sebelumnya tanggal 22, 23, 24 Maret kemarin kita juga telah melakukan kegiatan serupa dengan target sasaran sebanyak 100 akseptor,” imbuh Sumedi.

Disamping itu, dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan kesehatan kepada para akseptor sebelum dilakukan pemasangan mulai dari pemeriksaan tekanan darah, berat badan, riwayat penyakit dan dipastikan sedang tidak hamil saat pemasangan KB.

Saat ditanya lebih lanjut mengenai tujuan terlaksananya kegiatan tersebut, Sumedi mengatakan bahwa hal ini sebagai langkah untuk mengendalikan angka kelahiran dan mencegah stunting di Kota Kediri.

Baca Juga: Ini Aturan Pencatatan Nama Baru di Dispendukcapil Ponorogo

“Utamanya bagi pasangan subur, melalui kegiatan ini sekaligus sebagai sarana sosialisasi tentang pentingnya menjaga jarak kehamilan antar anak, selain itu juga kegiatan ini sejalan dengan program Bapak Walikota Kediri, Abdullah Abu Bakar sebagai upaya untuk mencegah terjadinya stunting di Kota Kediri,” ucap Sumedi.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Jelang Idul Adha, Ini Saran DKPP dan Kemenag

Rabu, 6 Juli 2022 | 12:38 WIB
X