• Jumat, 30 September 2022

Cegah Penyebaran PMK, BPBD Kota Kediri Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Pasar Hewan

- Kamis, 16 Juni 2022 | 20:24 WIB
Cegah Penyebaran PMK, BPBD Kota Kediri Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Pasar Hewan
Cegah Penyebaran PMK, BPBD Kota Kediri Lakukan Penyemprotan Disinfektan Ke Pasar Hewan

Kediri, korarmemo.com - Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak massive dilakukan Pemerintah Kota Kediri.

Kali ini Dinas ketahanan pangan dan Pertanian (DKPP) menggandeng BPBD melakukan penyemprotan disinfektan ke satu-satunya pasar hewan di Kota kediri yang berlokasi di Jalan Raung Bandar Kidul, Kamis (16/6).

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan dalam rangka antisipasi PMK dan pencegahan penyebaran virus PMK di Kota Kediri.

Indun Munawaroh, Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri juga menjelaskan mekanisme penyemprotan yang dilakukan. Selama pasar hewan ditutup, penyemprotan disinfektan akan dilakukan setiap hari Kamis. Dan ketika pasar hewan dibuka nantinya juga akan didirikan pos pemantauan.

Baca Juga: Jalan Rusak Di Ngawi Capai 97 Kilometer

“Rencananya ketika pasar hewan dibuka nanti, DKPP bersama tim gugus tugas penanganan PMK akan buka posko dan melakukan pemeriksaan kesehatan pada hewan yang keluar masuk pasar. Sedangkan BPBD yang melakukan penyemprotan di kendaraan pengangkut hewan serta kaki-kaki hewan,” jelasnya.

Pihaknya juga sudah mengantisipasi adanya penjual hewan kurban dadakan menjelang Idul Adha, dengan memberikan cairan disinfektan ke peternak dan penjual hewan kurban.

“Penyemprotan tidak hanya kita fokuskan ke pasar hewan saja, tapi kita akan berikan cairan disinfektan ke penjual hewan kurban dadakan agar mereka bisa melakukan penyemprotan ke hewan ternaknya secara mandiri,” ujarnya.

Baca Juga: Soal Perijinan Pabrik Es Kristal di Madiun, Ini Kata Kepala DPMPTSP

Tidak hanya itu saja, sebelum pasar hewan dibuka BPBD juga akan melakukan kerja bakti untuk membersihkan area pasar hewan.

Halaman:

Editor: Koran Memo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

BIAN, Lebih dari 98 Persen Anak Sudah Terima Imunisasi

Kamis, 29 September 2022 | 20:28 WIB

BI Berharap Koran Memo Tetap Berikan Informasi Terbaik

Kamis, 29 September 2022 | 17:46 WIB
X